Loading...

DKP Maluku Gelar Konsultasi Publik Pengelolahan Kawasan Konservasi di Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupaten Maluku Tenggara, Niko Ubro secara resmi membuka Konsultasi Publik Pengelolaan Kawasan Konservasi yang dilaksanakan Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku di Hotel Grand Villia Langgur, Sabtu (20/05/2023).

Kadis Perikanan Malra menyampaikan bahwa, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah serta semua pihak termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap sektor Kelautan dan Perikanan.  

Ubro menjelaskan bahwa, terkait kegiatan tersebut sejak 2016 telah diinsiasi Dinas Keluatan dan Perikanan untuk mendukung sektor Konservasi Lingkungan, walaupun sesuai dengan amanat UU No. 23 Tahun 2014 yang Kembali ke urusan Provinsi tetapi kami tetap mendukung didaerah untuk Konservasi Lingkungan, hal ini penting untuk keberlangsungan ekonomi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Dr. Erawan Asikin menjelaskan bahwa, Kawasan Konservasi ini harus dikelola dengan baik karna agenda pertama tentang Bagaimana Pengelolaan Kawasan Konservasi serta mendapatkan masukan dari berbagai pihak untuk perencanaan jangka menengah sampai kepada jangka panjang.

Penyusunan dan revisi dokumen perencanaan pengelolaan Kawasan konservasi, tujuan penyusunan ini untuk mendukung efektifitas pengelolaan Kawasan konservasi Kei Kecil dalam menjawab perlindungan dan pelestarian target konservasi serta peningkatan ekonomi.

Bahwa kegiatan ini mendapat dukungan dari pendanaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melalui Dana Hibah GEF-6 CFI Indonesia sehinggah membantu Pemerintah Daerah.

Mengawali kegiatan para peserta mendapat informasi pengantar dari Knowledge Management IMU GEF-6 CFI Indonesia, Ahadar Tuhuteru mengatakan bahwa, Konservasi Lingkungan ini di Maluku dan Papua termasuk Kepulauan Kei.

Apalagi menghadapi Kondisi Global dibidang Kelautan dan Perikanan maka konstruktif Survei dan Pemetaan sangatlah diperlukan agar meningkatkan Lingkungan Bersih berkelanjutan, maka menjadi tanggungjawab bersama karena demi keberlangsungan potensi bagi generasi masa depan.

Selanjutnya, kegiatan Konsultasi Publik terkait pemetaan struktur kelompok organisasi dan tata Kelola yang disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Maluku serta penguatan Program dan Kegiatan Jangka Menengah dan Jangka Panjang yang disampaikan Armin Ishak dari Bidang  Pengelolaan Ruang Laut DKP Provinsi Maluku.

Kegiatan tersebut melahirkan rekomendasi berupa berita acara untuk disepakati dalam rangka pelestarian dimana melibatkan berbagai Instansi dan Stakeholder terkait termasuk masyarakat pada wilayah Konservasi laut Kei kecil. (DS)
Maluku Tenggara 5835398077295274356

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC