Loading...

Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Didampingi Kapolres malra dan Sekda, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun membuka secara resmi kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Maluku Tenggara untuk tahun 2024 yang bertempat diaula Kantor Bupati, Senin (27/03/2023).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, untuk Kabupaten Maluku Tenggara, isu-isu ini sudah cukup selaras dengan isu yang di angkat dilevel daerah yaitu: Penurunan Angka Kemiskinan, dengan fokusnya pengentasan kemiskinan ekstirm, Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia, dengan fokusnya pelayanan pendidikan dan Kesehatan, termasuk prioritas penurunan stunting.

Disampaikan pula bahwa, Peningkatan Ekonomi dan Daya Saing Daerah, berfokus pada pengendalian inflasi dan peningkatan daya saing daerah, Peningkatan Kapasitas Infrastruktur dan Konektivitas, ini berfokus pada penanganan ruas jalan prioritas di Pulau Kei Besar, penataan Kota Langgur dan infrastruktur pendukung kawasan, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup, Peningkatan Stabilitas Politik dan Keamanan, yaitu fokus untuk kelancaran dan kesuksesan pemilu 2024, serta Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. 

Selain itu, dalam hubungan degan isu strategis nasional yaitu: Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar dan Konektivitas maka di Kabupaten Maluku Tenggara, ada Major Project RPJMN, Pembangunan Jalan Trans Pulau Kei Besar masih harus didorong pada tahun 2024, ungkap Bupati

Olehnya itu, kata Bupati diperlukan intervensi anggaran pada tahun 2024, untuk mencapai target kinerja 101,6 Km sesuai RPJMN, 
capaian sampai dengan tahun 2022 baru sebesar 30,53 persen, atau sepanjang 31,02 Km dari target 101,6 Km terhadap isu-isu yang tadi sudah disebutkan, beberapa isu aktual yang sekaligus melalui kesempatan ini, diharapkan ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku dan Bapak Ahmad Zainuding bersama teman-teman di Bappenas. 

Bupati juga berharap, supaya Provinsi dan Bappenas bisa melihat isu-isu yang ada antara lain: Penurunan stunting, stunting Maluku Tenggara tahun 2022 berada diangka 16,98 persen sudah jauh berkurang dari tahun 2018 sebesar 30,01 persen Malra masih harus bekerja untuk menekan stunting ke angka 14 persen, sesuai target nasional (masih harus mengejar 2,98 poin).

Bupati menyampaikan pula bahwa, jumlah balita yang dipantau di Maluku Tenggara mencapai 7.472 balita dari target sasaran 8.156 balita atau sebesar 91,61 persen dari balita yang dipantau, ditemukan sebanyak 1.269 balita stunting yang tersebar di 11 Kecamatan, yang datanya by name-by address, sehingga intervensi diberikan sesuai kondisi dan kebutuhan masing-masing. 

"Di Kabupaten Maluku Tenggara, kami membangun sistem kerja yang melibatkan berbagai unsur pemerintah dan masyarakat tahun ini, akan dimulai program Bapak-Ibu Angkat bagi balita stunting yang ada," ungkap Bupati.

Menutupnya, bupati sampaikan Penurunan Kemiskinan dan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim, tingkat kemiskinan Maluku Tenggara tahun 2022 sebesar 21,19 persen berhasil ditekan dari angka 22,73 persen. (DS)
Maluku Tenggara 8441503338402218954

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC