Loading...

Mati Mesin, Rombongan Wakil Walikota Tual Tertahan Beberapa Jam di Perairan Pulau Er - Godan

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla RI berhasil menyelamatkan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE beserta 20 orang lainnya setelah speedboat yang ditumpanginya mengalami Mati Mesin di Perairan Er - Godan Kota Tual, Sabtu (29/01/2022).

Sebelum dievakuasi oleh Bakamla Tual
Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksamana Pertama Bakamla, Arif Sumartono dalam rilisnya seperti dikutip dari Detik.com katakan, setelah menerima Informasi dari Bakamla Tual Dirinya memerintahkan agar Bakamla Tual segera Mengevakuasi Rombongan Wakil Walikota Tual, Selanjutnya Proses Evakuasi mulai dilakukan.

Guna memastikan posisi kapal, Rizal Ufer Suat melaksanakan Tracking Posisi kapal dengan Dasboard Vessel Security yang dimiliki SPKKL Tual.

Setelah diketahui Posisi Kapal berada pada koordinat 5°34'49'S-132°'40'58'E ' E, Kepala Kantor Bakamla Tual, Rizal Ufer Suat Memimpin langsung jalannya Evakuasi dengan menggunakan unsur Catamaran 5-07.
Wisnu pun menjelaskan Kronologi Speedboat itu mengalami mati mesin.

Dia mengatakan Rombongan Wakil Walikota berangkat pada pukul 05.00 WIT.

"Berdasarkan keterangan dari salah satu penumpang, diketahui Speedboat yang membawa Wakil Walikota Tual beserta Rombongan bertolak pukul 05.00 WIT dini hari dari Pulau Tayandu menuju Kota Tual," ungkap Wisnu.

Namun sesampainya di Perairan sekitar Pulau Er - Godan pukul 06.10 WIT, Speedboat yang dinaiki mengalami Kerusakan Mesin dan Hanyut terombang ambing selama beberapa jam terbawa ombak hingga perairan antara Pulau Er - Godan dan Pulau Ut.

Pada pukul 08.40 WIT, Catamaran 5-07 berhasil menemukan Posisi Speedboat tersebut diantara Perairan Pulau Er - Godan dan Pulau Ut Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual.

Petugas Bakamla kemudian Mengevakuasi Wakil Walikota Tual dan seluruh Penumpang dalam keadaan Aman dan Selamat.

Wisnu pun menjelaskan Kronologi Speedboat itu mengalami mati mesin. Dia mengatakan Rombongan Wakil Walikota berangkat pada pukul 05.00 WIT dari Kecamatan Tayando Tam.

Berdasarkan keterangan dari salah satu Penumpang yang ikut dalam Rombongan Wakil Walikota Tual bahwa, saat keluar dari Perairan Tayando cuaca sangat Baik tak ada kendala apapun.

Namun saat memasuki Perairan Pulau Er dan Pulau Godan sekitar pukul 06.10 WIT, Speedboat yang ditumpanginya mengalami Kerusakan Mesin dan terombang ambing selama beberapa jam dan hanyut terbawa ombak hingga pertengahan antara Pulau Er - Godan, Tanjung Nadiun dan Pulau Ut lanjutnya.

Penumpang yang tak mau namanya diekspose itu mengaku mereka adalah Rombongan yang bersama dengan Wakil Walikota Tual berangkat dari Kota Tual pada, Jumat (28/01/2022) menuju Kecamatan Tayando Tam untuk memastikan Program Vaksinasi di Kecamatan Tayando Tam berjalan sesuai rencana dan kembali pada Hari, Sabtu 29 Januari 2022," tutupnya. (MCS)
Tual 7833427527524287827

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC