Loading...

Mewakili Bupati, Rakib Sahubawa Membuka Secara Resmi Sosialisasi Ketaspenan Bagi ASN Dilingkup Pemda Malteng

Sekretaris Daerah Kab. Malteng, Rakib Sahubawa
MASOHI, Malukuchannel.com - Sosialisasi Ketaspenan dan Perbankan bagi Aparatur Sipil Negara dilingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang diselenggarakan oleh Kantor PT. TASPEN Persero Cabang Ambon dan PT Bank Mandiri Taspen Cabang Ambon, yang bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2020, Sabtu (18/01/2020), yang bertempat di Gedung PKK Kota Masohi.

Turut hadir, Bupati Maluku tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Pimpinan OPD dalam dilingkup Pemda Kabupaten Maluku Tengah, Kepala PT. TASPEN Persero Cabang Ambon, Kepala PT. Bank Mandiri Taspen Cabang Ambon.

Sambutan Bupati Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua,SH yang di bacakan Oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Malteng. Rakib Sahubawa, mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dan seluruh Aparatur Sipil Negara di daerah ini, saya menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Sekda Malteng Membuka Secara Resmi Sosialisasi Ketaspenan
Karena apa yang dilakukan dalam pertemuan ini sangat penting untuk meningkatkan pelayanan serta memudahkan para ASN dalam memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta Taspen dalam bentuk program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

"Dalam organisasi pemerintahan, peranan dan kedudukan Aparatur Sipil Negara sangatlah strategis. ASN merupakan unsur Aparatur Negara serta sebagai pelaksana pemerintah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan dan pembangunan dalam rangka mewujudkan tujuan negara," jelasnya.

Tuasikal, menegaskan bahwa Baik buruknya suatu pemerintahan sangat tergantung pada baik buruknya mesin birokrasi atau ASN sebagai penyelenggara pemerintahan itu sendiri, dengan kedudukan yang penting dan strategis tersebut, maka ASN perlu diberikan kesejahteraan yang memadai agar ASN dapat berkonsentrasi penuh menjalankan tugasnya sebagai Abdi Negara dan abdi masyarakat.

Sesi Foto Bersama
Untuk itulah pemerintah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan ASN tersebut sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dimana pada pasal 79 disebutkan bahwa Pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada PNS.

"Pemerintah Melalui PT. Taspen berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada PNS melalui program-program antata lain: program Pensiun, Program Tabungan Hari Tua, Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Program Jaminan Kematian," ungkapnya.

Tuasikal, menambahkan bahwa Tabungan Asuransi Pensiun atau TASPEN merupakan program pensiun yang dimaksudkan agar seluruh ASN, Pegawai BUMN, Pejabat Negara, dan TNl/Polri memiliki Tabungan dan Jaminan di saat telah selesai mengabdi kepada bangsa dan Negara.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kepada segenap aparatur pemerintah, maka dipandang perlu untuk mensosialisasikan program perlindungan ini agar dapat dipahami dengan baik oleh seluruh ASN dan Calon Pensiunan sebelum melakukan pengajuan klaim kepada PT. Taspen.

Informasi Kontak Hubungi
Selain itu, kita perlu memahami dengan baik segala informasi yang terkait dengan hak dan kewajiban setiap Aparatur Sipil Negara sebagai peserta Taspen. Hal ini penting diketahui agar ketika memasuki masa pensiun dan mengurus hak pensiunnya atau saat mengalami kecelakaan kerja atau kematian maka pengurusan atas hak-hak atau jaminan yang disediakan dalam Layanan Taspen tidak mengalami banyak persoalan dan keterlambatan didalam pengurusannya.

Saya juga ingin menyampaikan bahwa, pada saat ini PT. Taspen dan PT. Bank Mandiri telah sepakat dan melakukan kerja sama untuk menciptakan satu anak perusahaan yang namanya Bank Mandiri Taspen yang merupakan lembaga keuangan yang dikhususkan untuk mengelola dana pensiun dan sebagai mitra bayar terhadap ASN yang sudah memasuki masa pensiun.

"Diharapkan kehadiran Bank Mandiri Taspen ini dapat memberikan kemudahan layanan kepada pensiunan khususunya di bidang Ketaspenan dengan program-program unggulannya untuk pensiunan, sehingga kedepan diharapkan pensiunan PNS khususnya di Lingkungan pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dapat mengembangkan diri dengan program-program yang telah disusun oleh Bank Mandiri Taspen seperti, Program Mantap Sehat. Mantap Aktif dan Mantap Sejahtera," tutupnya. (MCJ)
Malteng 1930988565002361537

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC