Loading...

Seram Utara Jadi Pusat Pengembangan Kawasan Industri

Ilustrasi
MASOHI, Malukuchannel.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan RI melakukan upaya pengembangan kawasan industri di beberapa kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Maluku Tengah, yang terpusat di Kecamatan Seram Urata Seti dan Kecamatan Seram Utara Kobi.

Untuk pengembangan kawasan industri dimaksud maka Kementerian Perdagangan RI bersama Pemerintah Daerah Malteng melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), dalam rangka penyusunan Master Plan pengembangan kawasan industri bertempat di Hotel Lelemuku Masohi Kamis Pekan Kemarin.

Hadir dalam FGD tersebut Pimpinan SKPD terkait, Pengelola Pusat KTM Kobisonta, Pimpinan PT. Nusa Ina Group, PT. Wahana Lestari Investama, PDAM Masohi dan Pimpinan PT. PLN Persero Cabang Masohi.

Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, SH dalam sambutannya yang dibacakan Assisten I Setda Malteng Drs. Wem Istia, MAP mengatakan, Pemda dan masyarakat Kabupaten Maluku Tengah sangat antusias serta mendukung program Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perdagangan RI, dalam melakukan pembangunan Kawasan Industri di daerah ini.

Dalam pengembangan Kawasan Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) ungkap Tuasikal, Pemda Malteng telah berkomitmen untuk menyediakan lahan, memudahkan perizinan, memfasilitasi penyusunan Amdal, menyiapkan lembaga pengelola IKM, melakukan pengutan kelembagaan, peningkatan fasilitas layanan, membina SDM, serta memfasilitasi akses pemasaran produk IKM, guna kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Master Plan sangat penting dalam pengembangan kawasan industri untuk mengoptimalkan pengembangan wilayah industri, agar semua sentra industri di daerah ini bisa fokus pada pengembangan sumber daya lokal yang produktif, kontributif, dengan daya saing yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun pelaku industri,"Ulasnya.

Tuasikal minta agar pengembangan industri nanti harus terarah pada pengembangan industri kecil dan menengah, yang berbasis pada sumber daya dan potensi daerah yang menghasilkan nilai tambah serta penyerapan tenaga kerja.

Untuk mencapai target tersebut Tuasikal berharap, Kementerian Perdagangan RI bisa memfasilitasi berbagai kebijakan pengembangan kawasan sentar IKM dimaksud. (Mc-T)
Malteng 3511694695548327492

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC