Loading...

BI Maluku: Kas Titipan Perluas Jangkauan Pengedaran Uang

NAMLEA, Malukuchannel.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Bambang Pramasudi mengatakan, pembukaan kas titipan di Kota Namlea, Kabupaten Buru, bertujuan memperluas jangkauan pengedaran uang secara efisien.

"Selama ini memang sudah ada perbankan di daerah ini, namun dalam rangka meningkatkan efisiensi dan optimalisasi keberadaan perbankan dan manfaatnya untuk masyarakat," ujarnya seusai meresmikan dibukanya kas titipan di PT Bank Maluku/Maluku Utara Cabang Kota Namlea, Selasa (24/10/2017).

Karena itu, lanjutnya, BI Maluku bekerja sama dengan Bank Maluku/Maluku Utara di Kota Namlea untuk mengelola kas titipan.

Dia menjelaskan, kas titipan itu adalah uang kas milik Bank Indonesia yang dititipkan pada salah satu bank yang ada di Kota Namlea dalam hal ini BI bekerja sama dengan bank Maluku/Maluku Utara untuk mendistribusikan kepada bank-bank yang ada di Namlea maupun di Kabupaten Buru pada umumnya.

"Kebetulan di Kabupaten Buru terdapat bank Mandiri, BRI dan juga bank BNI selain bank Maluku dan Maluku Utara," ujarnya.

Harapannya, kebutuhan uang untuk masyarakat dari empat bank ini, lanjutnya, bisa dipenuhi oleh Bank Maluku/Maluku Utara.

Tujuan yang kedua yakni menarik uang lusuh, jadi masing-masing bank menerima setoran dari masyarakat berupa uang lusuh, dan tugas mereka menarik dan mengganti dengan uang yang bersih yang dikirim dari BI Maluku di Ambon.

"BI Maluku akan mengirim uang baru nanti lewat kas titipan yang ada di Bank Maluku/Maluku Utara di Namlea dan akan didistribusikan ke bank-bank lainnya," ujarnya.

Dengan demikian masyarakat setempat akan menerima uang yang lebih bersih, lanjutnya, nyaman untuk bertransaksi.

Bambang menambahkan, perputaran uang di Pulau Buru berdasarkan evaluasi BI, pertumbuhan ekonomi di daerah ini terus membaik, termasuk jumlah uang yang beredar, setoran dan bayaran meningkat, dan itu adalah salah satu alasan BI Maluku membuka kas titipan.

"Bulan depan kita akan membuka kas titipan yang sama di Kota Saumlaki bekerja sama dengan PT.Bank Maluku/Maluku Utara yang ada di daerah itu," ujarnya.

BI, katanya, memilih bekerja sama dengan bank Maluku/Maluku Utara, sebab bank ini secara menjangkau seluruh kabupaten di Maluku. (Mc-G)
Ekonomi 6034945848772557462

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC