Loading...

Tuasikal Akan Ambil Langkah Tegas Bagi PNS Yang Malas

Masohi, Maluku Channel.com - Waktu liburan untuk hari Raya Idul Fitri sudah berakhir pada pekan kemarin namun masih ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, belum hadir untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat.

Hal ini terbukti ketika Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, SH melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) pada Senin 3 Juli dan Selasa 4 Juli 2017 pada semua SKPD lingkup Pemda Malteng, kebanyakan PNS yang belum masuk kantor.

Kondisi tersebut membuat Bupati Tuasikal geram dan mengancam melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM), segera mengambil langkah tegas berdasarkan PP. Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS maupun UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hasil sidak yang dilakukan pada setiap SKPD ternyata masih banyak PNS yang belum masuk kantor alias malas,"kata Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH di Masohi, Rabu (5/7/2017).

Alasan Bupati Tuasikal geram setelah melakukan sidak dua hari karena, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memiliki PNS terbanyak namun hanya 5 pegawai yang hadir, Dinas Perhubungan juga hanya 5 pegawai yang hadir, Dinas Perikanan yang memiliki lebih dari 40 PNS namun yang hadir belum mencapai 20 orang, Dinas Perkebunan dan Tanaman Pangan memiliki lebih dari 40 PNS dan yang hadir hanya sebagian kecil termasuk beberapa Dinas maupun Badan lainnya.

Pemerintah sudah memberikan waktu libur sejak 23 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017, berarti waktu libur yang ditetapkan oleh Pemerintah mencapai 10 hari, maka seharusnya tanggal 3 Juli 2017 PNS sudah harus melaksanakan tugas dengan baik, namun kenyataannya terbalik.

"Saya tidak berandai-andai dan tidak merekayasa kalau memang ASN di lingkup Pemda Malteng sangat malas dan belum disiplin dalam penegakan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, jika hal ini terus dibiarkan maka kapan daerah dan masyarakat bisa maju seperti daerah lain di Maluku maupun di Indonesia,"kesalnya. (MC-T)
Malteng 164351988273930526

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC