Loading...

Peran Sang Jenderal Said Latuconsina Bagi Perekrutan Prajurit TNI-AL Terus Meningkat


AMBON, MALUKUCHANNELONLINE.COM -
Bertempat di Markas Komando (Mako) Lantamal IX Ambon, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, SE, MM, MT mengungkapkan tentang Strategisnya untuk merekrut Prajurit-prajurit dari Daerah Maluku  untuk menjadi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) pada, Selasa (20/02/2024).

Dimana kita ketahui bersama bahwa, sejak 02 Agustus 2021, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina mengambil Amanat menjadi  Komendan Lantamal IX Ambon, ada terjadi Peningkatan Pengrekrutan Bintara maupun Tantama dari tahun ke-tahun terus Meningkat.


Hal ini tidak terlepas dari Peran Sang Jenderal Said Latuconsina, turun langsung ke semua Pelosok yang ada di Provinsi Maluku dan sekaligus memberikan Muatan-muatan semangat serta Motivasi tentang Penerimaan Prajurit TNI-AL, sehingga Masyarakat Maluku lebih tauh.


Dikesempatan ini pula, Sang Jenderal Said Latuconsina, yang mana adalah Komandan Lantamal IX Ambon  mengatakan bahwa, Terkait dengan Pengrekrutan Prajurit AL ini bukan hal yang baru, yang mana kita sudah laksanakan setiap tahun, tidak hanya di Lantamal Sembilan Ambon, tapi juga diseluruh Lantamal yang ada di Indonesia dan ada 14 Lantamal yang ada diwilayah Jajaran TNI AL, termasuk juga dijajaran Lanal.


"Dan kalau kita lihat sejak awal Penerimaan di Lantamal Sembilan Ambon ini, tentu kita Pelajari, kita lihat berapa Animo Masyarakat yang Tertarik untuk menjadi Prajurit TNI AL, dari tahun ke-tahun kita Perhatikan bahwa, Jumlah yang diterima dari Panda Ambon ini memang jumlahnya sedikit," ungkapnya.


Untuk itu, kita Pelajari, membahas bersama Staf kira-kira apa Penyebab, jika dibandingkan dengan Lantamal-lantamal lain Jumlah di Lantamal Sembilan Ambon ini agak kurang, tentunya ini yang Pertama kita Bahas dan kita Pelajari awalnya mintanya kurang.



Minat ini juga di dasari kurangnya Informasi tentang Penerimaan Prajurit TNI AL, kapan ada Pembukaan Penerimaan, kapan ada Pelaksanaan Seleksi, termasuk juga kapan Pengiriman sampai ke Pusat dan Persyaratan-persyaratan apa yang harus disediakan oleh para Anak-anak kita ini, untuk bisa bergabung menjadi Prajurit TNI AL.

Komendan Lantamal IX Ambon, dalam penjelasannya mengatakan bahwa, di dasari oleh hal tersebut, kita kemudian mengambil suatu langkah, memberikan Informasi yang Seluas-luasnya kepada Anak-anak kita termasuk Orang Tua, agar lebih mengetahui tentang apa itu TNI AL. 


"Jadi langkah Awal yang kita lakukan yakni, memberikan Pengenalan tentang AL, berbagai Kegiatan yang kita laksanakan baik di Mako Lantamal Sembilan, Kegiatan dengan Masyarakat, Kegiatan Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, kemudian ada Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan," ujarnya.


Kita berusaha untuk terus Bergiat sekaligus Mempublikasikan Kegiatan-kegiatan pada Masyarakat. Sehingga, Masyarakat sedikit banyak tahu, ternyata di Ambon atau di Maluku ini ada Pangkalan AL yang berada di Halong, kemudian Jajaran-jajaran kita yang ada dibawah yakni, Lanal Tual, Lanal Saumlaki, kemudian Lanal Aru, juga ada berapa Posal yang ada diwilayah beberapa Kabupaten, termasuk diwilayah Maluku Barat Daya (MBD).


Setelah Masyarakat sudah mengenal tentang TNI AL, baru kita berusaha membuat, atau kita Menata dalam hal Sosialisasi Penerimaan Prajurit AL dan ini juga kita laksanakan secara Masif, kita bentuk Tim, kita turun langsung ke Sekolah-sekolah, turun ke Masyarakat di Desa-desa dan kita sampaikan bahwa tiap tahun kita ada Penerimaan Prajurit AL, ada Penerimaan dari Akademi AL satu tahun sekali, ada juga Penerimaan Perwira karir, kemudian Penerimaan Bintara dan Tantama yang dilaksanakan satu tahun dua kali.


"Kita sampaikan juga, Persyaratan-persyaratan dan ini Terbuka untuk siapa saja yang memang secara Persyaratan memenuhi Syarat untuk bisa di terima, kita lihat Animo Pendaftar mulai ada Peningkatan," tutupnya. (MCJ)

Ambon 327934590999514856

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC