Loading...

Pengamanan Nataru, Kapolres Malteng Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - AKBP Dax Emmanuelle S. Manuputy, Kapolres Maluku Tengah (Malteng) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin 2023 dalam Rangka Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Rakor yang berlangsung di Gedung Bhayangkara Mapolres Malteng pada, Jumat (15/12/2023) itu dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang diwakili Plt Staf Ahli Bupati, Erni Sukamto, Danyon 731 Kabaresi, Letkol Infanteri Fahrozi Fanani, Dandem Pom XVI/2 Masohi, Letkol Yusuf Safi'i, Ketua Pengadilan Agama, Rufyal Tatuhey, Kasdim 1502 Masohi, Mayor Infantri Effendy Selayar, Danyon Satbrimobda Amahai, Kompol Syahid Bahsahona, Sekertaris Klasis GPM Masohi, Pendeta J. Titaley, Pastor Paroki serta sejumlah Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan Rakor Lintas Sektoral dalam Rangka Pengamanan Nataru bermakna Penting dalam upaya Memaksimalkan semua Potensi Gangguan Kamtibmas agar Perayaan Nataru dapat Berjalan Lancar, Tertib dan Aman.

Saya menyampaikan banyak Terima kasih yang telah menghadiri Rakor Pra OPD Lilin 2023 saat ini. Tentu, Kelancaran OPS Lilin tahun ini membutuhkan Dukungan semua Stakeholder agar Aktivitas Masyarakat pada Perayaan Nataru ini dapat Berjalan Lancar, Tertib dan Aman.

Kapolres menambahkan, Sinergitas semua Stakeholder diperlukan untuk memastikan Kelancaran Operasi Nataru.

"Rakor ini bukan Pertama yang kita Laksanakan dalam menyamakan Persepsi bersama Instansi, BUMN, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, setelah ini saya akan menyampaikan Kesiapan Polres Malteng dalam Pengamanan Nataru," ungkap Kapolres.

Dalam paparannya, Kapolres menjelaskan Permasalahan dan Kondisi yang akan dihadapi sebelum, selama dan sesudah Pelaksanaan Operasi. Diantaranya, Kegiatan Intoleran, Kemacetan dan Laka Lantas yang biasa terjadi.

Tak cukup disitu, Mantan Kapolres Kota Tual ini juga memaparkan Kewaspadaan Pemenuhan Bahan Bakar Minyak (BBM), hingga upaya Mengantisipasi Konflik di Negeri-negeri hingga Ancaman Cuaca Ekstrim serta lain sebagainya.

"Antisipasi Konflik yang terjadi ditengah Masyarakat dan juga Aksi Terorisme karena diwilayah kita ada Ex Nara Pidana Teroris (Napiter). Sehingga, perlu kita Waspadai baik Pengaruh dari dalam maupun dari lua," ujar Kapolres.

Sehingga, saya harapkan kepada para Kepala Dinas (Kadis) mengingatkan para Camat, Lurah dan Raja Negeri untuk Mendata para Pendatang untuk Melapor 1x24 Jam.

"Akhir tahun ini kita Antisipasi Cuaca Ekstrem yang Berpotensi terjadinya Bencana Alam diwilayah kita terutama Bencana Banjir diwilayah Kilo dan Tanah Longsor terjadi di Jalan Lintas Seram bagian Utara dan juga Antisipasi terjadinya Laka Laut agar Syah Bandar bisa Laksanakan Pengawasan Transportasi Laut mungkin Armadanya bisa ditambah atau Waktu Pelayarannya bisa ditambah," ucap Kapolres.

Diakhir arahannya, Kapolres meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Malteng dapat mendukung upaya memaksimalkan Peredaran Minuman Keras (Miras) yang selama ini menjadi Pemicu Gangguan Kamtibmas di Masyarakat.

"Kami berharap, Pemda Malteng dapat segera membuat Payung Hukum tentang Miras. Tentu ini sangat Penting agar kami dapat Meminimalisir Peredaran Miras ditengah Masyarakat yang selama ini memicu terjadinya Gangguan Kamtibmas ditengah Masyarakat," tutup Kapolres. (MCT)
Malteng 8787868305766392233

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC