Loading...

Jelang Nataru Mako Polres Malteng Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Markas Komando (Mako) Polres Maluku Tengah (Malteng) Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023, Pengamanan Jelang Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 01 Januari 2024 pada, Kamis (21/12/2023) yang bertempat dilapangan Upacara Mako Polres Malteng.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku 2023, Polres Maluku Tengah menerjunkan sebanyak 350 Personil Gabungan dari berbagai Matra dan Instansi lainnya.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni, Penjabat (Pj) Bupati, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si Kapolres Maluku Tengah, AKBP Dax Emmanuelle S. Manuputty, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dilingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tengah, Pimpinan TNI-Polri, Dan Pom Masohi, Kejari Maluku Tengah, Kepala Pengadilan Negeri Masohi, Kakanpel Amahai, para Pimpinan BUMN serta Instansi Terkait lainnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan Gabungan Operasi Lilin Salawaku 2023 ini, melibatkan para Anggota dari Unsur TNI-Polri, Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, BPBD, Kesehatan serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. 

Dalam kesempatan ini pula, Kapolres Malteng, Dax Emmanuelle S. Manuputty, membacakan Amanah Kapolri Jendral Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo. Yang mengatakan bahwa, Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Personel dan Sarana Prasarana. Sehingga, Pengamanan Nataru dapat berjalan Optimal. Untuk itu, ada Tiga Point Utama Penting yang menjadi Perhatian Tim Gabungan.

Yaitu, terjaganya Stabilitas Harga Pangan, Kondisi Kamtibmas yang Kondusif serta Kelancaran Arus Mudik dan Arus balik Nataru. Untuk itu, dalam mewujudkan Stabilitas Harga Pangan, Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk Memantau dan Menjaga Harga Pangan agar tetap Stabil, hal ini diwujudkan melalui Kerjasama dengan Kementerian/Lembaga Terkait serta Penegakan Hukum terhadap para Pelaku Penimbunan, Pengoplosan, Pemalsuan maupun Tindak Pidana dan Pelanggaran lainnya Terkait Pangan.

Kapolri dalam sambutannya yang dibacakan Kapolres Malteng menambahkan bahwa, untuk menjaga Kondisi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif. Untuk itu, saya mengingatkan kepada seluruh Personel agar mampu menekan Angka Kejahatan Konvensional seperti Curat, Curas, Curanmor, Copet, Bius, Hipnotis dan Pencurian Rumah Kosong melalui Peningkatan Kegiatan Preemtif, Preventif dan Represif agar dapat mengantisipasi Kerawanan tersebut.

Kapolres Malteng, AKBP Dax Emmanuelle. Kepada sejumlah Awak Media mengatakan bahwa, Pengamanan Kegiatan Nataru, untuk Operasi Lilin dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember hari Jumat besok sampai dengan tanggal 02 Januari 2024.

Untuk jumlah Personil yang kita Libatkan  untuk Pengamanan Operasi Lilin ini berjumlah 261 Personil kemudian khusus untuk Pengamanan Malam Natal dan Malam Tahun Baru kami Bersama-sama dengan Rekan-rekan dari TNI dengan Rekan-rekan dari Instansi Terkait dari Dishub dari Satpol PP dan juga dari Organisasi-organisasi Kepemudaan dan Agama.

"Yang mana kita melaksanakan Kegiatan Pengamanan itu dilibatkan dan sudah Siap kurang lebih sekitar 350 Orang, untuk Pengamanan Ditempat-tempat Ibadah maupun Kegiatan-kegiatan Masyarakat lainnya," ungkap Kapolres.

Dikesempatan yang sama Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Rakib Sahubawa dalam sambutannya mengatakan bahwa, atas nama Pemda Maluku Tengah, saya mengucapkan Terima kasih dan Apresiasi Setinggi-tingginya kepada seluruh Personil TNI-Polri, Pemda dan Pemangku Kepentingan lainnya yang telah mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023. 

Apel ini merupakan bentuk Pengecekan Akhir Kesiapan Personil maupun Sarana dan Prasarana. Sehingga, Perayaan Natal tahun 2023 dan tahun Baru 2024 berjalan dengan Aman dan Kondusif. 

"Momentum Nataru selalu Ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Indonesia disetiap Penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai Kegiatan. Sehingga, tentunya Berimplikasi terhadap meningkatnya Mobilitas Masyarakat," ujar Pj. Bupati.

Dalam Pengamanan Nataru, Potensi Gangguan Kamtibmas yang sering terjadi khususnya pada Tempat-tempat Ibadah, Kecelakaan Lalu Lintas, Keramaian di Objek Wisata serta Kepadatan di Terminal dan Pelabuhan, perlu menjadi Perhatian kita bersama.

Saya berharap, Gabungan Personil ini hendaknya dapat menjamin Kenyamanan dan Keamanan Masyarakat sepanjang Libur Natal dan Tahun Baru khususnya Ditempat-tempat Ibadah, Jalan-jalan Perlintasan Arus Mudik, Pelabuhan, Objek Wisata dan Pusat Perbelanjaan. 

Selanjutnya untuk Kelancaran Pelaksanaan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023, saya perlu menyampaikan beberapa Hal Penting yang harus dilakukan yaitu:

Pertama, Siapkan Mental dan Fisik serta jaga Kesehatan, Niatkan setiap Pelaksanaan Tugas sebagai Ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME). 

Kedua, Persiapkan seluruh Sektor dan Stakeholder dalam Mengantisipasi seluruh Gangguan serta Masalah saat Perayaan Nataru. 

Ketiga, mantapkan Kerjasama, Sinergi dan Soliditas para Pihak yang terlibat demi Keberhasilan Pelaksanaan Operasi. 

Perlu saya garis bawahi, Keberhasilan Pengamanan Operasi Lilin Salawaku tahun 2023 adalah tanggungjawab bersama. Oleh sebab itu, kepada seluruh Personil Pengamanan agar senantiasa memperkuat Sinergitas dan Soliditas selama Pelaksanaan Tugas. 

Saya yakin dengan Sinergitas dan Soliditas yang baik maka Masyarakat dapat melaksanakan Ibadah Natal dengan Khidmat serta Merayakan Tahun Baru dengan penuh Suka cita. 

"Kepada seluruh Personil Pengamanan, saya berpesan jadikan Pengamanan Nataru sebagai sebuah Kebanggaan. Oleh karena itu, laksanakan Tugas dengan penuh tanggungjawab, Profesional, Humanis dan Pahami Tugas maupun Fungsinya Masing-masing sesuai rencana Operasi dengan mengedepankan Langkah Prediktif serta Deteksi dini," tutup Pj. Bupati. (MCJ)
Malteng 1184136943489403274

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC