Loading...

Aktivis Warning Penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Malteng Netral

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penyelenggaraan Pemilu Bawaslu dan KPU diingatkan menjaga Independensi dan Netralitas dalam melaksanakan Tugas Peran dan Fungsinya sebagai Penyelenggara Pesta Demokrasi Rakyat.

Warning Tegas itu disampaikan menyusul Historis Buruk Pelanggaran Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Maluku Tengah yang Menodai Nilai-nilai Demokrasi saat itu. 

Sebut saja Kasus Pelanggaran Pemilu yang terjadi di Desa Laimu dan Tehua Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah. Ironisnya Kasus Dugaan Pelanggaran yang saat itu terbuka secara " Telanjang" lantaran beredar luas di Jagad Maya Facebook (FB) tentu telah Mencederai Nilai-nilai Demokrasi.

"Kasus Ayam Baca Bebek, atau Surat Suara Milik Calon lain dibaca ke Orang lain yang terjadi di Laimu dan Tehua pada Pemilu 2019 lalu tidak boleh berulang. Kami perlu menyampaikan Warning tegas ini kepada Penyelenggara Pemilu. Sebab, Kasus saat itu tidak pernah tuntas dan jangan sampai kembali terulang," ungkap Dahlan Wear, Aktivis Muhammadiyah Malteng kepada Awak Media di Masohi pada, Senin (04/12/2023).

Dia menyebutkan Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu pada Pemilu tahun 2019 lalu sangat Memalukan dan Merusak Nilai Demokrasi di Bumi Pamahanunusa saa itu.

"Bayangkan Kasus itu Viral di Sosial Media (Sosmed). Bagi kami itu Pelanggaran Sistemik. Karenanya kami perlu mengingatkan agar jangan sampai berulang," ujar Wear.

Menurut catatannya, sambung dia, Perhitungan Suara Akibat Kasus Pelanggaran Sistemik yang terjadi di Desa Laimu dan Tehua Kecamatan Telutih itu, mengakibatkan Jumlah Partisipasi Pemilih Naik lebih dari 100 persen.

Akibatnya seluruh Surat Suara Plus Surat Suara Cadangan 2.5 persen terpakai habis. Tentu ini Praktek yang Memalukan, karenanya Wajar jika hari ini perlu diingatkan.

"Kami tidak membuka Kenangan Pahit, namun Cermin Pelanggaran berat saat itu mestinya telah Menampar Penyelenggara. Mereka harus mengakui Gagal menjaga Wibawa Pemilu Wibawa Demokrasi saat itu. Sekali lagi kami ingatkan jangan sampai kemudian Pengalaman Buruk itu kembali terulang," tutup Wear. (MCJ)
Malteng 3800660661181566015

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC