Loading...

Jasmono Perdana Kunjungi Pulau Kei Besar Hadiri Acara Pemasangan Atap Gereja Weduar

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono, M.Si didampingi Pj. Sekda dan sejumlah staf ahli Bupati, Asisten Sekda dan pimpinan OPD juga pimpinan TNI-Polri menghadiri kegiatan pemasangan atap Gereja Ebenhaezer Jemaat GPM Weduar bertempat di Desa Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan pada, Senin (04/12/2023).

Jasmono dan rombongan dijemput warga masyarakat setempat dengan doa adat dan penyematan syal oleh Pemerintah Ohoi dan masyarakat.

Dalam sambutanya Jasmono mengatakan, hari ini, satu tahapan penting dalam proses pembangunan gedung gereja ini akan dilaksanakan. Untuk itu, atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat atas pelaksanaan pemasangan atap di Gereja Ebenhaezer ini. Semoga seluruh prosesnya berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga pekerjaan besar ini, setahap demi setahap akan mampu dirampungkan.

Dalam sambutannya, Jasmono menerangkan pembangunan tempat ibadah di agama apapun, adalah suatu hal yang sangat penting. Rumah ibadah yang baik akan memberikan kenyamanan serta menambah kekusyuk-an umat yang menjalankan ibadah. 

"Namun disisi lain, satu hal yang perlu juga sama-sama kita hayati adalah, kebiasaan-kebiasaan baik yang selalu terjadi selama proses dan tahapan pembangunan rumah ibadah. Pembangunan rumah ibadah dimanapun itu, menghadirkan nilai-nilai penting yang dialami, dirasakan dan terbangun dalam hubungan sosial ditengah-tengah masyarakat," ungkap Pj. Bupati.

Menurutnya, pembangunan rumah ibadah selalu menjadi wadah silahturami. Umat saling bergotong royong, saling membantu, dan saling bahu membahu. Semua perbedaan menjadi hilang, semua pihak bekerja untuk satu tujuan mulia.

"Termasuk dalam pembangunan Gereja Ebenhaezer ini, tentu ada begitu banyak dukungan. Tidak hanya dukungan dari warga Ohoi Weduar, tetapi juga dukungan dari Ohoi-ohoi sekitar. Disini juga kita melihat, dukungan tidak hanya dari Umat Warga GPM, tetapi juga Umat dari golongan agama lainnya. Inilah nilai penting yang terus dipupuk dari pekerjaan sosial membangun rumah ibadah. Keakraban, kekeluargaan, persatuan dan toleransi menjadi semakin kuat di dalam masyarakat," ujar Pj. Bupati.

Hal ini sesuai dengan warisan orang tua para leluhur. Orang Kei memiliki budaya Maren. Budaya yang menjadi kekuatan, saling membantu, berbagi dan saling memberi untuk meringankan beban sesama.

Selanjutnya, dalam konteks dukungan pemerintah. Pembangunan rumah ibadah memiliki urgensi tersendiri dalam kerangka pembinaan umat. Pembinaan umat dalam lingkup keagamaan, adalah salah satu instrumen penting bagi pembangunan manusia.

"Dalam konteks pembangunan generasi muda, maka fungsi pembinaan dilingkungan gereja, masjid dan rumah ibadah pada umumnya, sudah terbukti mampu melahirkan generasi muda yang memiliki nilai-nilai yang sangat positif. Memiliki budi pekerti yang sangat baik dan keunggulan dari sisi emosional," ucap Pj. Bupati.

Olehnya itu, Pemerintah Daerah selalu berupaya memberikan dukungan. Melalui kebijakan Hibah Sarana Peribadatan, Pemerintah Daerah berupaya memberikan stimulus untuk kelancaran pembangunan rumah ibadah.

Termasuk pula, dukungan terhadap kegiatan-kegiatan bina mental dan spiritual umat, organisasi keagamaan dan pembinaan kaum muda dalam lingkup keagamaan. Dukungan-dukungan ini yang terus didorong sebagai bagian dari upaya pembangunan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Maluku Tenggara.

Memang diakui bahwa, dengan kondisi keterbatasan kemampuan keuangan daerah, maka pengalokasian hibah agak berkurang. Namun kembali lagi, Pemerintah Daerah akan terus berusaha untuk hadir dan memberikan dukungan bagi masyarakat, termasuk dukungan untuk proses penyelesaian pembangunan rumah ibadah.

Perlu juga saya sampaikan bahwa, tahun 2023 ini dan terlebih di tahun 2024 kita memasuki tahun politik. Tahun pelaksanaan pemilihan umum legislatif, pemilihan presiden, dan pemilihan umum kepala daerah. Saya mengajak kita semua, seluruh warga masyarakat dimana saja berada, untuk ikut bersama-sama menyukseskan agenda penting ini.

Tingkatkan pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat. Jaga stabilitas keamanan dan ketertiban mulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing. Jangan mudah termakan berita sesat atau Hoax. Kaji dan saring sebaik-baiknya semua informasi yang diterima. Jangan mudah terprovokasi. Hindari segala bentuk perilaku yang berpotensi menggaggu keamanan.

"Mari kita sambut tahun pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi. Pesta bagi masyarakat yang menentukan pilihan dalam suasana yang penuh sukacita. Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan dikesempatan ini. Sekali lagi selamat dan sukses atas pemasangan atap Gereja Ebenhaezer, Jemaat GPM Weduar. Semoga seluruh proses pembangunan ini terlaksana dengan baik dan lancar. Dan semoga seluruh niat baik, untuk bekerja membangun masyarakat dan daerah ini selalu diridhoi Tuhan yang Maha Esa," tutup Pj. Bupati. (DS)
Maluku Tenggara 5599616987342416788

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC