Loading...

Jelang Nataru, Pj. Bupati & Tim Turun Sidak Pasar Pastikan Harga Barang

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara akan menggelar operasi pasar untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Langgur.

Kendati, dalam peninjauan yang dilakukan Pemerintah Daerah terdapat beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga, salah satunya adalah beras.

Pj. Bupati Maluku Tenggara, Drs. Jasmono, M.Si saat melakukan sidak di Pasar Langgur mengatakan, kenaikan harga bahan pokok beras turut terjadi diseluruh daerah di Indonesia. Walaupun demikian, pihaknya akan menggelar operasi pasar dan Pasar Murah menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk melayani kebutuhan masyarakat diwilayah tersebut.

"Tujuan kita mengecek dengan melakukan peninjauan ke pasar Langgur untuk mengecek harga kebutuhan pokok masyarakat. Dari hasil pengecekan kita pada beberapa titik memang ada beberapa komponen kebutuhan pokok masyarakat yang harganya naik diantaranya Beras," ungkap Jasmono di Langgur pada, Jumat (17/11/2023).

Kata Pj. Bupati, khusus untuk beras, ini memang secara nasional diseluruh daerah di Indonesia juga mengalami hal yang sama. Ada juga beberapa bahan pokok yang memang harganya dia sedikit naik dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

"Dan pemerintah daerah akan melakukan intervensi untuk mengendalikan dan menurunkan harga diantaranya dengan melakukan operasi pasar dan subsidi terhadap kebutuhan bahan pokok masyarakat. Mudah-mudahan dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah ini bisa mengendalikan harga-harga di daerah ini," ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga akan menggelar Pasar murah menjelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat.

Kita akan melakukan pasar murah. 1. Pasar murah kemudian subsidi untuk harga kebutuhan bahan pokok akan terus kita lakukan termasuk kita juga akan menjamin pasokan stok dari luar daerah disamping itu kita juga memperkuat ketahanan pangan lokal kita.

"Untuk Minyak juga demikian, kita akan pastikan untuk tetap tersedia sampai dengan pelaksanaan Natal dan tahun baru," ucapnya.

Dikatakan, ketersediaan untuk pasokan bahan bakar juga sampai dengan saat ini masih terjaga. Kita kemarin sudah rapat dengan depot pertamina, kemudian dengan pangkal-pangkalan dan agen minyak kita sudah instruksikan untuk harga harus disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Maluku Tenggara, Mohammad Arsyad Yakebyanan mengatakan, mulai besok pihaknya akan melakukan operasi pasar untuk masyarakat di Pasar Langgur. 

Khusus untuk operasi Pasar kami rencananya besok. Besok nanti kami tempati ruangan disitu di Pasar Langgur untuk kita karena petunjuk dari Pak. Bupati kami harus laksanakan yang ada supaya bisa mengimbangi harga pasar yang ada.

"Karena inikan stoknya banyak, sementara beras, gula dan minyak jadi kita operasi ini mungkin lanjut dengan operasi Pasar Murah sampai dengan Desember," tutup Kadis Perindag. (DS)
Maluku Tenggara 1840479589090736979

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC