Loading...

Puncak FPMK 2023, Merupakan Event Kharisma Nusantara

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Memasuki puncak Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2023, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar serangkaian kegiatan dengan menghadirkan, Ibu Kurleni Ukar, Staf Ahli Menpar, Ibu Hanifah, direktur Sertifikasi dan Standarisasi Kemenpar dan Prof. Azril Azhari, Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia. Puncak FPMK kali ini dipusatkan di Pantai Ngiarwarat, Desa Ohoidertavun Kecamatan Kei Kecil pada, Kamis (26/10/2023) pukul 16:00 WIT.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati (Wabup) Maluku Tenggara, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si menyambut baik kehadiran tim dari Kementerian Pariwasata.

Selain berinteraksi dengan masyarakat, kehadiran tim bersama segenap tamu undangan di Maluku Tenggara turut menggenjot pendapatan pelaku UMKM yang berjualan disekitar lokasi.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari Bapak/Ibu saudara-saudari sekalian secara khusus ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif Republik Indonesia, Menteri Sandiaga Salahuddin Uno bersama seluruh jajaran yang sangat mendukung pelaksanaan FPMK tahun 2023 ini sebagai salah satu event promosi dalam Kharisma event Nusantara," ungkap Wabup.

Ucapan yang sama pula disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku Gubernur bersama Ibu, Wakil Gubernur bersama Ibu dan pihak Dinas Pariwisata provinsi Maluku, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata dan masyarakat sekitar atas dukungan dan partisipasi untuk menyukseskan FPMK tahun 2023 dan juga kepada tuan rumah.

"Semua peserta perwakilan kelompok maupun komunitas yang sudah terlaksana lomba menangkap ikan, Fan kurkurat dan semua peserta perwakilan kelompok maupun komunitas yang sudah terlibat menjadi peserta dalam lomba yang sudah dilangsungkan selama 11 hari," ujar Wabup.

Dikatakan, Festival Petualang dihari ini kenangan kepada pihak sponsor dari Badan Usaha Milik Negara, Kementerian, pihak swasta serta semua pihak yang telah mendukung dan ikut menyukseskan pesona Meti Kei yang tahun 2023 ini.

Olehnya itu, terima kasih kepada panitia penyelenggara, organisasi perangkat daerah dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara yang sudah memberi dukungan dan mempersiapkan kegiatan ini dari awal sampai dengan saat ini.

"Sebelum mengakhiri ini saya ingin menyampaikan permohonan maaf apabila selama pembukaan pada tanggal 7 Oktober 2023 sampai dengan malam puncak acara di hari ini adalah hal-hal yang berkenaan mungkin pelayanan yang kurang maksimal atau apa saja yang mengganggu kenyamanan bapak/ibu undangan kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya," tutup Wabup.

Ditempat yang sama, Ibu Kurleni Ukar, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mewakili Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, acara Puncak FPMK 2023 yang pada tahun ini kembali masuk dalam kharisma event Nusantara.

Kharisma event nusantara yang merupakan program kami dari kemenparekraf paragraf untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan event daerah sekaligus mempromosikan destinasi wisata dan memberdayakan potensi lokal dipilih melalui proses yang panjang.

"Sekalipun FPMK telah tiga kali masuk dalam kharisma event Nusantara namun ini juga menjadi tantangan bagi Pemerintah Daerah serta Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara untuk naik ke kelas ke ajang Nasional. Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara serta seluruh pendukung Event FPMK," kata Staf Ahli Menteri.

Ini adalah upaya mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Maluku Tenggara akan potensi pariwisata di Indonesia. Kepulauan Kei memiliki keindahan alam yang memukau, ditambah budaya tradisi lokal khususnya saat ada fenomena alam seperti 2018 berkunjung sesuai dengan portofolio produk wisata Indonesia dimana 60% wisatawan datang ke Indonesia dan 35% karena pesona alam dan budaya ini disebutkan melalui penyelenggaraan event menjadi salah satu strategi promosi sehingga menjadi Juni poin pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ini tentu menjadi luar biasa dan apalagi jika dipadukan dengan pola perjalanan wisata yang menarik maka festival tahun ini mengusung Tema: Akselerasi pembangunan pariwisata Maluku Tenggara berbasis ekonomi ini sesuai dengan semangat kita semua pembangunan destinasi pariwisata yang berkelanjutan.

"Mari bersama-sama kita jaga alam cagar budaya dan kata semakin besar ikan akan semakin mensejahterakan ekonomi nasional dalam rangka pencapaian target 1,2 sampai 1,4 wisatawan nusantara dan 6 sampai 8,77 bulan bisa Taman mancanegara di tahun 2023 agar banyak di tahun depan," ucap Staf Ahli Menteri.

Terima kasih banyak teman-teman yang sudah hadir jauh-jauh dari luar key bagian paketan di kemenparekraf ini dapat semakin menguatkan Citra promosi destinasi dan potensi paragraf menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan lingkungan.

Untuk itu, diperlukan kolaborasi jadi seluruh pemangku kepentingan Akhir kata, saya mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan FPMK 2023. Saya dengan pantun, saya tutup dengan sambal makanan khas masyarakat Kei enak dipantat dengan mari Viralkan Festival Pesona Meti agar Maluku Tenggara lebih terkenal dan bersinar demikian Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Terima kasih kepada staf ahli Menteri Pariwisata Republik Indonesia.

"Jadi udah tiga kali, jadi internasional harus nanti insya Allah tahun depan lagi harus lagi sehingga Apa itu adalah tugas dan tanggungjawab dari Dinas Pariwisata kita semua yang lagi menonton punya teman banyak loh dia dan saya yakin ini akan menjadi disini jangan lupa pakai tespeknya ada disini jangan lupa pakai tespeknya adalah keindahan Indonesia karena Maluku Tenggara itu bersama dengan orang-orang hebat yang ada disore hari ini masih semangat menyampaikan salam untuk semua kita yang hadir ditempat ini makan ditempat ini juga kami menyampaikan salam kangen kami kepada Menteri," tutup Staf Ahli Menteri. (DS)
Maluku Tenggara 5218389676745319914

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC