Loading...

Pj Bupati Hadiri Rakor TPP Stunting Tingkat Kabupaten Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat diruang Pertemuan Lantai Tiga Bapplidbangda Maluku Tengah (Malteng) pada, Rabu (11/10/2023). Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si menghadiri Langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan (TPP) Stunting Tingkat Kabupaten Malteng tahun 2023.

Dikesempatan ini pula, Pj Bupati Malteng, Rakib Sahubawa dalam amanahnya mengatakan bahwa, saya sangat Mengapresiasi Terselenggaranya Rakor TPP Stunting yang dilaksanakan hari ini dalam Rangka Membahas dan Mengevaluasi Capaian Program Penurunan Stunting tahun 2023 di Kabupaten Malteng. 

"Tentunya Rakor ini sangat Penting untuk mengetahui sampai dimana kita saat ini, Mengidentifikasi apa Kendala yang dihadapi dan menentukan Strategi yang diterjemahkan menjadi Aksi Nyata untuk mencapai Target yang telah ditetapkan yaitu, menurunkan Prevalensi Stunting di Kabupaten Malteng menjadi 14% pada tahun 2024," ungkap Pj Bupati Malteng.

Pj Bupati Malteng menambahkan bahwa, ada beberapa Hal Penting untuk menjadi Perhatian dan dilaksanakan yakni, Optimalkan Pelaksanaan semua Program dan Kegiatan Intervensi Penanganan Stunting diseluruh Negeri/Kelurahan dalam mendukung Percepatan Penurunan Stunting tahun 2023 dan lebih didalami dan Fokus untuk dilakukan pada tahun 2024. 

Hingga saat ini, kita masih menemui Berbagai Kendala dilapangan baik Terkait Aspek Tata Kelola, Koordinasi, Anggaran, Data dan Komitmen. Sedangkan dalam Aspek Intervensi Spesifik, Masalah Pemberian ASI Ekslusif, Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada Ibu Hamil dan Remaja Putri, Imunisasi, Pemantauan Tumbuh Kembang dan Pemberian Makanan Pendamping ASI juga masih menjadi Persoalan. 

"Dalam Aspek Intervensi Sensitif, Pendampingan pada Calon Pengantin, Akses terhadap Sanitasi Layak, Pengasuhan dan Pendampingan dalam Pemberian Gizi Anak, saat ini masih menjadi Masalah Utama dilapangan," ujar Pj Bupati Malteng.

Rakib Sahubawa, dalam Ajakannya mengatakan bahwa, mari kita coba Kerangkakan dalam Konteks Kewenangan. Saya Rasa ini menjadi Penting termasuk Keterlibatan seluruh Perangkat Daerah yang juga memiliki tanggungjawab, bahkan sampai Tingkat Negeri/Kelurahan yang juga banyak sekali Peranannya dalam Hal ini. 

Penguatan dari TPP Stunting dari mulai Tingkat Kabupaten kemudian Kecamatan, sampai dengan Negeri dan Kelurahan, perlu diperhatikan. Saya juga mengharapkan agar seluruh Pihak Terkait Benar-benar Fokus pada Intervensi yang mempunyai Daya Ungkit Tinggi dan mempunyai Dampak yang bisa dilihat dengan cepat. 

"Optimalisasi Pembiayaan Percepatan Penurunan Stunting (PPS), melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dana Desa (DD) dan termasuk dari Dana Non Pemerintah, harus Benar-benar kita Kuatkan," ucap Pj Bupati Malteng.

Waktu kita tinggal 1 tahun kedepan untuk mencapai Target 14% pada tahun 2024, sementara dari Hasil Diskusi masih banyak Hal yang harus dibenahi dilapangan. 

"Untuk itu, mari kita terus Bekerja Keras, Bahu-membahu dan Optimalkan seluruh Sumber Daya dan Sumber Keuangan yang ada dalam Rangka PPS di Kabupaten Malteng," tutup Pj Bupati Malteng. (MCJ)
Malteng 8183505177712631979

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC