Loading...

Lomba Dayung Perahu Naga Resmi Dibuka Bupati Thaher

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE -  Festival Lomba Dayung Perahu Naga Piala Bergilir Bupati Maluku Tenggara tahun 2023 resmi digelar dan dibuka oleh Bupati Maluku Tenggara di Ohoi Sathean pada, Sabtu (28/10/2023).

Warisan leluhur ini kembali dikemas dalam event tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sathean bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara guna membangkitkan kembali semangat olahraga dayung diwilayah tersebut.

Layapara Yamlean, dalam laporannya mengatakan Festival Lomba Dayung Perahu Naga merupakan wahana olahraga yang sangat baik untuk dilestarikan. Sebagai warisan peninggalan leluhur, Perahu Naga perlu mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah untuk terus mengangkat potensi-potensi olahraga di daerah.

Sebagai penitia kami telah berkoordinasi dengan para mantan atlet daerah sebelum melaksanakan kegiatan ini. Karena lokasi Ohoi Sathean berada dalam teluk sehingga sangat cocok untuk lomba dayung disini.

Menyambung penyampaian Layapara Yamlean, Kepala Ohoi/Orang Kai Desa Sathean, Joseph Renyaan dalam ucapan selamat datang menegaskan agar Festival Lomba Dayung Perahu Naga perlu ditetapkan sebagai Event Nasional. 

Kendati, Desa Sathean adalah yang pertama menyelenggarakan Festival Lomba Dayung Perahu Naga melibatkan Desa-desa sekitar maka ajang tersebut sudah pasti masuk dalam event nasional.

"Kami mohon kiranya bapak Bupati bisa menetapkan Desa Sathean sebagai pusat pelaksanaan lomba dayung. Karena kegiatan ini dapat terlaksana berkat inisiatif kami dalam menghidupkan kembali potensi-potensi olahraga di berbagai bidang," ungkap Joseph Renyaan.
Kata Renyaan, pihaknya akan terus mendukung setiap kebijakan yang dilakukan terutama dalam mengembangkan potensi olahragawan di daerah yang bertajuk Larvul Ngabal itu.

"Dan untuk 5 tahun kedepan, kami akan tetap mendukung bapak Bupati untuk terus melanjutkan pembangunan yang adil dan merata di Kabupaten Maluku Tenggara," ujar Yoseph Renyaan.

Bertepatan dengan peringatan 95 tahun Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 itu, Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun mengatakan sekalipun akan mengakhiri masa tugasnya dirinya berkomitmen untuk mendukung kelanjutan Festival Lomba Dayung Perahu Naga tersebut.

"Beberapa hari kedepan, saya akan mengakhiri masa tugas saya namun tidak menutup kemungkinan lomba akan dilaksanakan di tahun depan. Saya mengapresiasi inisiatif baik dari Kepala Ohoi/Orang Kai yang telah dilaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan, kedepannya lebih meriah lagi dan semakin banyak masyarakat yang ikut dalam lomba ini," ucap Thaher Hanubun.

Usai, membuka dengan resmi pelaksanaan Festival Lomba Dayung Perahu Naga, dilanjutkan dengan pelepasan empat peserta ke garis start. Peserta yang berlomba terdiri dari 13 perwakilan masyarakat Desa Revav, Sathean, Letman dan Kelanit dengan jarak tempuh sekurang-kurangnya 1.500 meter menuju garis finish.

Turut hadir Pj Sekretaris Daerah Malra, Ir. Nicodemus Ubro, Ketua Pengadilan Negeri Tual Rosyadi, SH, Kapolres Malra, AKBP Frans Duma, S.P, Dandim 1503 Tual, Letkol Inf. Kadek Muliarsa para Camat, Kepala Ohoi sekitar dan masyarakat serta tamu undangan lainnya. (DS)
Maluku Tenggara 2081181931869779099

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC