Loading...

Bupati Malra Launching Listrik Desa 21 PLTD di Kabupaten Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun kembali melaunching Listrik Desa sebanyak 21 PLTD di Kabupaten Maluku Tenggara bertempat di Desa Warbal, Kecamatan Kei Kecil Barat pada, Jumat (27/10/2023) pukul 16:30 WIT.

Peresmian dan penyalaan tersebut dihadiri Awat Tuhuluola General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku-Malut, Manager UP3 Tual PT. PLN (Persero), Martinus Pasensi bersama staf serta Direktur Distribusi PT. PLN (Persero), Adi Priyanto yang hadir secara virtual.

Manager UPTD PT. PLN (Persero) Cabang Tual, Martinus Pasensi dalam sambutannya mengatakan, peresmian dan penyalaan listrik yang dilaksanakan di Desa warbal adalah satu dari 20 sistim yang akan dinyalakan secara virtual secara serempak di Maluku dan Maluku Utara. Dan salah satunya adalah Desa Warbal yang pekerjaan proyek pembangunannya sudah selesai. 

"Penyambungan pelanggannya sudah selesai dan oleh karena itu, saya atas nama manejemen PT. PLN Persero UPT3 Tual Maluku Tenggara memohon dengan hormat direktur distribusi, Adit Priyanto dan bapak/ibu semua, Bupati yang terhormat untuk meresmikan momen yang bersejarah ini bagi masyarakat kita disini. Sehingga, mulai sejak saat ini dan seterusnya bisa menikmati listrik untuk kehidupan yang lebih baik," ungkap Martinus Pasensi.

Sementara, Manager PT. PLN Persero Maluku-Malut, Awat Tuhuluola dalam sambutannya melaporkan program listrik Desa Maluku dan Maluku Utara, PLN UIMMU 97 lokasi kita selesaikan dan Alhamdulillah di tahun 2023 kita selesaikan.

Tahap pertama kita nyalakan 205 Desa dengan jumlah pelanggan 31 ribu kita nyalakan di bulan Mei kemarin. Tahap kedua kita nyalakan di 17 Agustus 2023, sebanyak 38 lokasi 202 Desa pelanggannya 21 ribu dan hari ini Alhamdulillah tahap ketiga kita nyalakan di tanggal 27 Oktober 2023.

"Hari ini hari listrik nasional dan kita pastikan 97 lokasi kita nyalakan 100% dan hari ini tahap ketiga 21 lokasi, 87 Desa dan 11 ribu pelanggan kita nyalakan," ujar Awat Tuhuluola

Alhamdulillah, dimomen hari listrik nasional hari ini yang ke-78 kita nyalakan 100%. Sehingga, total Desa yang kita nyalakan di Maluku dan Maluku Utara ±500 Desa yang kita nyalakan dengan jumlah pelanggan yang kita nyalakan ±56 ribu pelanggan.

Terima kasih atas dukungan yang luar biasa kepada direktur beserta tim pusat, teman-teman PLN Maluku-Malut, Bupati beserta jajaran yang sangat luar biasa membantu kami dalam melakukan program listrik masuk desa semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi nilai ibadah untuk kita semua.

Ditempat yang sama, Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun dikesempatan itu menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa bahwa, hari ini PLN bisa masuk ke Pulau ini Warbal, Ur dan Tanimbar Kei. Artinya beban kita selama ini sudah bisa terjawab. Terima kasih PLN terima kasih PLN.

Tidak ada kata yang bisa kami sampaikan kecuali dengan segala rendah hati, kerinduan ini udah cukup lama. Tadi ada seorang yang angkat hati disana dan doa, kerinduan ini dari sejak Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 dan sebelumnya. Alhamdulillah Puji Tuhan, berarti kami tinggal 5 Desa lagi itu ada di Kei Besar. Untuk itu, saya minta masyarakat Warbal semua berdiri kita sampaikan terima kasih buat Direktur Distribusi PLN dan juga bapak Eric Tohir dan semuanya yang hadir.

"Terima kasih dan semua orang PLN baik yang ada dipusat maupun yang ada di Ambon Maluku Utara dan Alhamdulillah Puji Tuhan yang ada di Kei Kota Tual dan Maluku Tenggara tidak ada kata lain kecuali terima kasih," kata Thaher Hanubun.

Sedangkan, Direktur Distribusi PT. PLN Persero, Adi Priyanto dalam sambutannya meminta Bupati Maluku Tenggara untuk meresmikan secara offline saja nggak usah secara online nantinya Bupati beserta jajaran yang ada disana saya minta untuk meresmikan nanti pak. bupati saya mohon.

Selanjutnya, yang saya hormati jajaran perangkat Desa Warbal yang berbahagia pada hari ini karena mendapatkan listrik luar biasa. Mudah-mudahan listrik menjadi kemajuan bagi kita semua.

"Pada hari listrik nasional yang jatuh pada hari ini yang ke-78 tahun 2023 ini kita bersama-sama melakukan peresmian 21 lokasi titik Desa Unit Induk wilayah Maluku-Malut luar biasa ini," ucap Adi Priyanto.

Program listrik Desa merupakan wujud yang nyata hadirnya negara dalam mewujudkan energi listrik yang berkeadilan. Oleh karena itu, layak mendapatkan dukungan dari Pemerintah untuk menghadirkan infrastruktur kelistrikan terutama di daerah 3T yaitu: Tertinggal, Terdepan dan Terluar agar seluruh masyarakat Indonesia dapat menikmati listrik.

Karena dengan hadirnya listrik ditengah-tengah masyarakat akan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Bertepatan hari ini dengan hari listrik nasional yang ke-78 maka kita bersama-sama menyalakan dan meresmikan listrik Desa sebanyak 21 PLTD di Kabupaten Maluku Tenggara yang tersebar di 87 Desa dengan jumlah pelanggan kira-kira sebesar 11.900 rumah. Ini tentunya menjadi momen yang sangat spesial serta kebahagiaan bagi kita semua khususnya bagi masyarakat Maluku dan Maluku Utara yang ada di 87 Desa merasakan momen Kemerdekaan listrik dalam kondisi yang sebelumnya dulu gelap gulita menjadi terang benderang dengan adanya listrik masuk desa kali ini.

Dengan dilakukannya penyalaan dan peresmian 21 lokasi PLTD pada hari ini merupakan wujud komitmen PLN untuk terus melistriki melalui program listrik Desa dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan penyalaan dan peresmian listrik Desa diwilayah Maluku-Malut lainnya.

Tahap pertama pada bulan Juni yang lalu, dilakukan penyalaan dan peresmian sebanyak 39 lokasi PLTD yang melistriki sebanyak 31.900 pelanggan yang ada di 205 Desa dan pada tahap kedua hari ini tanggal 27 Oktober dilakukan penyalaan dan peresmian sebanyak 38 lokasi PLTD Desa (Listrik Desa) yang melistriki 21.369 pelanggan yang ada di 205 Desa.

Perjuangan udah sampai pada hari ini pastilah tidak mudah banyak kendala dan rintangan. Namun dengan semangat perjuangan yang pantang menyerah dari seluruh insan PLN, dari masyarakat yang membantu menunjukkan semangat kolaborasi dan gotong-royong, bahu-membahu antara PLN dangan warga, kemudian ada perangkat Desa, perangkat Kecamatan, bersama-sama dengan kita TNI-Polri serta tokoh-tokoh masyarakat, gabungan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, para wakil rakyat juga maka segala kendala dan rintangan dapat diatasi. Sehingga, pada hari ini adalah hari yang spesial bertepatan dengan hari listrik nasional yang ke-78 kita dapat menyalakan, meresmikan 21 lokasi PLTD tersebut.

Untuk itu, kami ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan khususnya Bupati Maluku Tenggara, Hi. M. Thaher Hanubun beserta jajaran atas dukungan Bantuannya.

"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang hadir pada kesempatan hari ini, dukungan dari bapak/ibu tentunya sangat penting bagi kami dalam berjuang menerangi negeri dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan," tutup Adi Priyanto.

Usai melaunching peresmian dan penyalaan listrik dilanjutkan dengan penyerahan APD dan Peralatan Kerja Kepada Petugas oleh GM UIW MMU, Awat Tuhuluola dan penyalaan Simbolis Rumah Warga oleh Bupati Malra di Ohoi Warbal dan meninjau PLTD Warbal.

Turut hadir, ketua TP PKK Malra, Ny. Eva Eliya Hanubun, Senior Manager Pembangkitan, Nyoman S. Ray bersama Tim, Senior Manager Transmisi, Ronald Hutahaean bersama Tim, Camat Kei Kecil Barat (KKB) yang mewakili Kepala Kementerian Agama, Kepala Ohoi Warbal, Ibu Pendeta Jemaat Warbal, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta segenap warga masyarakat Desa Warbal. (DS)
Maluku Tenggara 9041372518330589108

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC