Loading...

Bupati Malra Lepas Peserta Lomba Dayung Belan Tingkat Kecamatan

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun resmi melepas dua belas peserta lomba dayung belan tingkat Kecamatan se-Kabupaten Malra dan Ini yang disampaikanya dilokasi destinasi wisata Ohoi Rerean pada, Senin (23/10/2023) pukul 08:30 WIT.

Untuk diketahui bahwa, lomba dayung belan merupakan salah satu Iven penting dalam Festival pesona Meti Kei 2023 yang digelar pertama kalinya di pulau Kei besar umumnya dan Kei besar selatan barat khususnya yang merupakan salah satu potensi wisata pantai.

Bupati Malra, Thaher Hanubun dalam sambutannya mengatakan, lomba dayung belan yang dilaksanakan tingkat Kecamatan di Kecamatan Kei Besar Selatan Barat merupakan bentuk dari representatif Pemerintah Daerah dalam membuka wisata baru diwilayah Kei Besar.

Dikatakan, dari 72 destinasi wisata yang ada di Maluku Tenggara tidak hanya tersebar diwilayah Kei Kecil tetapi juga diwilayah Kei Besar. Mengapa lomba dayung kali ini dipusatkan di Kecamatan Kei Besar Selatan. Karena, tujuan saya itu buat lomba dayung ini agar Maluku Tenggara harus bangkit sejajar dengan daerah-daerah lainnya. Jadi, tidak hanya diwilayah Kei Kecil tetapi dapat dirasakan pula manfaatnya oleh masyarakat di Kei Besar.

Thaher menuturkan, alasan pelaksanaan lomba dayung belan yang dilaksanakan di Kei Besar, tepatnya di Desa Rerean yakni untuk menghimpun serta mempersatukan seluruh masyarakat Ursiuw dan Lorlim yang ada di Kepulauan Kei.

"Disini kita semua dipersatukan, antara Ursiuw dan Lorlim lewat lomba dayung belan tingkat Kecamatan ini. Untuk itu, terima kasih kepada pak. Camat dan Kepala Ohoi yang sudah menyiapkan semua ini," ungkap Bupati.

Dari 11 belan disetiap Kecamatan, ada penambahan satu belan perwakilan dari OPD yang ikut dalam lomba ini. Untuk itu harap tetap menjaga kesehatan dan keselamatan selama pelaksanaan lomba.

"Kepada seluruh peserta lomba, dirinya mengimbau agar tetap menjunjung tinggi sportivitas guna menghindari kesalah pahaman diantara sesama," ujar Bupati.

Dengan demikian, lomba dayung belan tingkat Kecamatan se-Kabupaten Malra resmi saya lepas.

Adapun peserta pertama dilepas Bupati saat itu yakni, Belan Kecamatan Kei Besar Selatan dilintasan pertama, Kecamatan Manyeuw berada dilintasan kedua dan Kecamatan Hoatsorbay dilintasan ketiga. Selanjutnya diikuti peserta kedua dari Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Kecamatan Kei Besar Utara Timur dan Kecamatan Kei Besar. Peserta ketiga yaitu, OPD, Kecamatan Kei Kecil Timur dan Kecamatan Kei Kecil. Peserta keempat yakni, Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Kecamatan Kei Besar Utara Barat dan Kecamatan Kei Kecil Barat.

Turut hadir, Dandim 1503 Tual, Letkol Inf. Kadek Muliarsa, Ketua Dewan Adat Ursiuw - Lorlim Kepulauan Kei, Abdul Hamid Rahayaan, Ketua FKUP Malra, Hi. Arifin Difinubun, para Rat/Orang Kai, para Camat, para Kepala Ohoi, Tokoh adat, Tokoh pemuda, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (DS)
Maluku Tenggara 4410072356157532314

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC