Loading...

Puncak Letvuan Paradise Fiesta, Pemerintah Ohoi Minta Dukungan Pemkab Malra Untuk Promosi Kedepan

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun mengikuti puncak kegiatan Letvuan Paradise Fiesta tahun 2023 bertempat di pengiringan Desa Letvuan, Kecamatan Hoatsorbay Kabupaten Maluku Tenggara pada, Sabtu (16/09/2023).

Kehadiran Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun menjadi satu kehormatan dan sukacita tersendiri bagi warga masyarakat setempat guna diminta untuk membantu mempromosikan Letvuan Paradise dan diminta dukunganya untuk diajukan dalam calon Anugerah desa wisata indonesia tahun 2024.

Laporan Media ini, event kedua Letvuan Paradise Fiesta tahun ini Pemerintah Desa Letvuan bekerjasama dengan pimpinan Credit Union Ain Hov Ain (CU AHA) dan pimpinan Bank Moderen Express Maluku Tenggara.

Kegiatan ini turut disponsori Forum Generasi Letvuan, SMP Negeri 13 Letvuan, SD Naskat Ohoi Letvuan, Genlet Hip-hop Kingdom dan Sanggar Tari For Genlet.

Ketua Panitia, Yoseph Taurutubun dalam sambutannya mengajak para pelajar serta semua masyarakat Desa yang punya kepedulian untuk tetap melestarikan budaya dan sumber daya alam yang ada disekitarnya.

Mengawali laporan itu, Yoseph secara singkat menyampaikan bahwa, tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menata potensi-potensi wisata yang ada tersebut.

"Kegiatan ini berlangsung kurang lebih sebanyak tiga kali. Event pertama dilaksanakan berlokasi di Air Goa, tepat pada tanggal 27 Agustus 2023. Kemudian, event kedua pada tanggal 7 September 2023 yang bertepatan dengan Hari Nen Dit Sakmas ke-5 tahun 2023 sekaligus memperkenalkan adat dan budaya saat kontemplasi bersama para leluhur yang berpusat Woma El'vuvur. Dan hari ini Puncak Festival Letvuan Paradise 2023," ungkap Yoseph.

Kata Taurutubun, kegiatan ini dari usaha Pemerintah Desa Letvuan dengan melibatkan para pelajar dan kaum muda dengan didukung dari sponsor-sponsor.

"Kebanyakan dari sponsor-sponsor ini adalah anak-anak generasi Letvuan yang saat ini memiliki tempat-tempat strategis. Jadi kami semua dikampung masih bersama Pemerintah Ohoi meminta dukungan Pemerintah Daerah untuk membantu mempromosikan Letvuan Paradise yang boleh kita laksanakan pada hari ini," ujar Yoseph.

Kami menyampaikan banyak terima kasih untuk pemerintah daerah dalam hal ini Pak. Bupati serta dinas terkait, dinas Pariwisata Dinas Kebudayaan dinas pendidikan serta semua yang turut membantu selalu mempromosikan pariwisata budaya dan dinas kelautan dan perikanan budidaya rumput laut. Saya sampaikan sekali lagi, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera untuk kita sekalian.

Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Letvuan, Yudit Revo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena kepada Bupati Maluku Tenggara yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk datang bersama-sama kami masyarakat Ohoi Letvuan hari ini di kegiatan pada sore hari.

Ini merupakan event puncak dari rangkaian kegiatan Lebaran tahun 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh pemerintah oleh Tuhan yang kemudian membentuk panitia kecil yang terdiri dari orang-orang gila.

Gila dalam arti kepanjangan punya gagasan punya ide langsung aksi atau yang merupakan gabungan dari pemerintah dan pemerhati serta pendukung pariwisata dan tokoh-tokoh pemuda baru dibentuk pada tanggal 5 agustus tahun 2023 namun dalam waktu yang singkat dan dengan pendanaan yang sangat terbatas.

"Puji syukur alhamdulillah kami dapat diberikan kemampuan untuk melaksanakan rangkaian kegiatan mulai dari event pertama tanggal 27 Agustus 2023 di goa hawang dilanjutkan dengan event kedua pada tanggal 7 September 2003 yang bertepatan dengan hari Nen Dit Sakmas dan pada hari puncaknya," ucap Yudit.

Pelaksanaan event Puncak yang dilaksanakan dilokasi pengeringan sesuai dengan SK menteri kelautan perikanan Nomor: 16 Tahun 2022 tentang Kampung perikanan budidaya termasuk dalam 3 Ohoi di dalam Teluk Hoatsorbay yang ditetapkan sebagai Kampung perikanan budidaya rumput laut.

Juga termasuk bagian dari pengembangan ziwiestate atau rumah rumput laut pada tahun 2021 meraih penghargaan dan masuk dalam 300 besar Anugerah desa wisata Indonesia atau ADWI.

Revo menjelaskan, dalam Peraturan Bupati Nomor: 20 tahun 2023 tentang rencana pembangunan daerah 2024-2020 6 sektor pariwisata merupakan sektor yang menjadi prioritas Pembangunan Daerah yang dilakukan dengan berfokus pada 8 jenis aktivitas pengembangan kepariwisataan yaitu, wisata agro wisata alam wisata budaya wisata kuliner wisata hingga wisata sejarah.

Atraksi wisata Coiled one dikategori hanya masuk wisata alam dengan potensi pengembangan Goa hawang. Oleh karena itu, melalui kegiatan Letvuan paradise Viesta ini kami ingin mengangkat dan mempromosikan potensi pengembangan pariwisata yang lain selain potensi wisata alam dan Potensi perikanan terbaik di Kecamatan Hoatsorbay.

Desa Letvuan merupakan desa adat dengan situs-situs budaya yang masih ada dan dirawat dengan yang taranya makan beras pertama di kepulauan Kei situs sejarah lahirnya hukum laut perjalanan bonum mental dapat juga dikembangkan menjadi wisata budaya itu ada bungkar peninggalan tentara Dai Nippon Jepang dapat dikembangkan menjadi wisata sejarah ada juga berbagai potensi sumber daya alam klub terbaik yang lain seperti aneka kerang-kerangan udang kepiting ikan gabus yang dapat kami kembangkan menjadi wisata kuliner dengan segala potensi yang dimiliki.

Untuk itu, pemerintah dan masyarakat Desa Letvuan memohon dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam rencana kami untuk mengajukan dalam lomba desa wisata tingkat provinsi Maluku tahun 2023 dan mohon dukungan yang sama untuk diajukan dalam calon Anugerah desa wisata Indonesia tahun 2024, diharapkan melalui pengembangan potensi dari sektor-sektor yang tersedia maka dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat demikian yang dapat kami sampaikan. (DS)
Maluku Tenggara 8084411246493961285

Posting Komentar

  1. Terima kasih telah meliput dan Mempromosikan Acara kami LPF 2023..Tuhan dan Leluhur Evav menyertai

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC