Loading...

Bupati Malra Jadi Irup Peringatan Hari Mercusuar Ke-9

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Mercusuar yang ke-9 tahun 2023 sekaligus membacakan sambutan Dirjen Laut yang digelar dikantor Distrik Navigasi tipe kelas III A, Jln. Pongki Suprapto pelabuhan Uf Maluku Tenggara pada, Jumat (22/09/2023).

Bupati Thaher pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun mengatakan, peringatan Hari Menara Suar ke-9 yang jatuh pada tanggal 22 september 2023 dan Hari Maritim Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 September 2023 menyoroti sejarah, pentingnya, menara suar didalam dunia pelayaran. 

"Dimomen ini, kita mengenang sejarah panjang menara suar serta peran pentingnya dalam keselamatan pelayaran. Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasiaonal juga menjadi pengingat bahwa, keselamatan pelayaran adalah aspek penting dalam kelangsungan hidup dan kemajuan perdagangan dunia," ungkapnya.

Menara suar adalah penjaga setia yang membantu kapal-kapal melewati bahaya di laut dan mencapai tujuan mereka dengan selamat. Untuk itu, saya berharap dengan memperingati Hari Menara Suar yang bertemakan "Cerlang Suar Menjaga Keselamatan dan Laju Transportasi Laut" dan juga Hari Maritim Nasional dengan Tema: "Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju" dapat menjadi satu kesatuan serta memperkuat tekad Insan Perhubungan diseluruh Indonesia yang baru saja memperingati.

Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023 dengan Tema: "Melaju Untuk Transportasi Maju". Saya berharap, hal ini dapat menjadi pengingat kepada kita semua akan pentingnya mematuhi setiap aturan-aturan dibidang pelayaran serta menjaga kehandalan dan merawat menara suar. Karena menara suarlah yang akan memberikan arah ditengah kegelapan guna menjaga keselamatan pelayaran.

"Sesuai dengan perkembangan teknologi global, maka pengelolaan bidang keselamatan pelayaran di Indonesia harus mampu meningkatkan kinerjanya secara bertahap agar dapat tetap berperan efektif memenuhi tuntutan dunia pelayaran baik domestik dan internasional yang semakin meningkat," ujarnya.

Dalam melaksanakan pencapaiaan tersebut dibutuhkan kerja keras, pemikiran dan pengorbanan untuk meningkatkan kehandalan serta merawat Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) diseluruh perairan Indonesia, khususnya menara suar yang berada di pulau-pulau terpencil atau terluar yang merupakan penunjang keselamatan pelayaran serta diawasi oleh organisasi yang solid dan sumber daya manusia tangguh dan cekatan.

Demikian hal-hal penting yang dapat saya sampaikan kepada seluruh peserta upacara peringatan Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan bimbingan dan hidayah agar peringatan Hari Menara Suar dan Hari Maritim Nasional ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana serta memberikan konstribusi yang posistif bagi peningkatan kerjasama antar jajaran unsur UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut termasuk Distrik Navigasi dan pengguna jasa dalam memberikan pelayanan jasa dan peningkatan keselamatan pelayaran.

Pada akhirnya perkenankan saya mengingatkan seluruh peserta upacara untuk memedomani semboyan navigasi Kala Jivam Asti, Waktu adalah Jiwa sekian dan terima kasih. Wassalammua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Plt. Direktur Jenderal Pehubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi.

Usai upacara Bupati berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para pegawai Navigasi. (DS)
Maluku Tenggara 8592784510014878304

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC