Loading...

Wakili Pj Bupati Malteng Wattiheluw Melantik KPN Resmikan & PAW Saniri Negeri

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Mewakili Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, ST, SP, M.Tech Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, DR. Aidjarang Wattiheluw, S.Sos, M.Si Melantik Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) Lesluru Kecamatan Teon Nila Serua (TNS), Pj KPN Saparua, serta Peresmian Saniri Negeri Saparua, Paperu Kecamatan Saparua, Saniri Negeri Sepa Kecamatan Amahai, sekaligus Pergantian Antar Waktu (PAW) Saniri Negeri Kecamatan Saparua dan PAW Saniri Negeri Wolu Kecamatan Telutih Kabupaten Malteng, Senin (19/06/2023), yang bertempat di Baeleo, Ir. Soekarno Pandopo Bupati Malteng.

Turut Hadir: Pj Bupati Malteng, DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST. M. Tech yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum, DR. Aidjarang Wattiheluw, S.Sos, M.Si para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Malteng, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Pimpinan OPD Dilingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Malteng para Kepala Kecamatan, para KPN, Pj KPN dan Saniri Negeri para Aparatur Sipil Negara (ASN), Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Dikesempatan ini pula, Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aidjarang Wattiheluw, mengatakan bahwa, Pelantikan KPN, Penjabat KPN dan Peresmian Saniri Negeri yang dilaksanakan saat ini, maka atas Nama Pribadi dan Pemda Kabupaten Malteng saya Mengapresiasi dan Menyambut baik terlaksananya Pelantikan ini karena merupakan Manifestasi Tata Kelola Pemerintahan khususnya Menyangkut Pemerintahan Negeri yang ada di Kabupaten Malteng. 

Untuk diketahui, dalam kurun Waktu 9 bulan Memimpin Kabupaten ini, sampai hari ini sudah beberapa KPN dan beberapa Pj KPN dan Saniri Negeri yang saya Lantik. 

"Hal ini cukup Signifikan, sebab kita tahu bersama bahwa, Malteng memiliki Gejolak Dinamika Sosial Kemasyarakatan yang sangat Kompleksitas, namun melalui Komunikasi dan Koordinasi yang baik semua dapat berjalan dengan Sukses dan Lancar, "ungkapnya.

Untuk itu, melalui kesempatan ini, saya perlu menyampaikan beberapa hal Penting yang harus untuk dipatuhi dan dilaksanakan oleh Saudara-saudara selaku KPN, Pj KPN dan Saniri Negeri sesuai Tugas dan Amanah Yang diberikan kepada Saudara-saudara antara lain: 

Pertama, Pelantikan KPN dan Pj KPN hari ini adalah Implementasi dari Amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor: 1 tahun 2006 tentang Negeri dan Perda Nomor: 03 tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan KPN.

Selaku Pj Bupati Tugas saya untuk melaksanakan Amanat ini adalah sangat Penting untuk dilaksanakan sesuai Ketentuan yang berlaku. Saya bersyukur bahwa, seluruh Proses dan Tahapan yang dilakukan mulai dari Pemilihan, Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan (Sertijab) telah sesuai dengan Peraturan dan Ketentuan yang berlaku.

Pj Bupati Malteng dalam paparannya mengatakan bahwa, seluruh Tahapan ini berjalan dengan baik atas Kerjasama dan Kerja Keras semua Pihak, baik itu para Mantan KPN, Camat, OPD Terkait termasuk Kesadaran dan Kedewasaan Masyarakat yang telah berperan Aktif dalam Proses menghadirkan KPN yang Defenitif. 

Untuk itu, kepada Saudara yang telah Dilantik, saya tegaskan bahwa, Tugas dan tanggungjawab yang diemban sangat berat. Jadikan Hasil Kerja Pemimpin sebelumnya sebagai Bahan Evaluasi, sebab Pembangunan harus dilakukan secara berkesinambungan. 

"Gunakanlah Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) secara baik dan Akuntabel untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Kesuksesan Pembangunan di Negeri. Teruslah Menjalin Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi dengan Pemerintah Kecamatan dan OPD Dilingkup Kabupaten," ujarnya.

Berikanlah Waktu sepenuhnya untuk tinggal di Negeri dan Layanilah Masyarkat dengan Hati yang Tulus dan Ikhlas. Bangun Relasi yang Harmonis dan Damai ditengah Masyarakat termasuk dengan Negeri-negeri lainnya disekitar wilayah kalian.

Saudara-saudara harus mampu meletakan Legacy dan Sejarah baru dalam Kepemimpinan kalian. Saya berharap Saudara-saudara Benar-benar Konsisten dan Loyal untuk melakukan seluruh Tugas yang dipercayakan. 

Kedua, Khusus kepada Pj KPN. Tugas Utama Saudara adalah segera melakukan Konsolidasi untuk mempersiapkan Tahapan Pemilihan KPN yang Defenitif.

Jadikan Regulasi sebagai Variabel Utama. Saudara harus bebas dari Intervensi dan Tekanan apapun, dan harus melepaskan diri dari Praktik-praktik Pragmatisme. Saudara harus berdiri diatas Kepentingan semua Orang bukan Kelompok dan Golongan tertentu. 

Tugas sebagai Pj KPN sangat singkat, karena itu Pegang Teguh Janji dan Sumpah Jabatan yang telah Saudara ucapakan. 

"Laksanakan semua Amanat dan Perintah ini dengan penuh Loyalitas yang tinggi. Keberhasilan Saudara untuk menyelesaikan Agenda Pemilihan KPN sesuai Waktu yang ditentukan akan menjadi Legacy yang baik bagi Masyarakat dan Pemda," ujarnya.

Seluruh Pekerjaan Saudara akan Dimonitor dan Dievaluasi secara Periodik. Sehingga, saya minta Saudara Bekerjalah dengan Hati yang Tulus dan Murni, Berikan yang Terbaik untuk Masyarakat di Negeri dan tentu untuk Bumi Pamahanunusa yang kita Cintai. 

Ketiga, kepada Saniri Negeri saya juga berharap, Peran dan tanggungjawab Saudara-saudara sebagai badan Legislatif ditingkat Negeri dalam upaya Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan Negeri melalui Tugas, Fungsi dan Kewenangan yang dimiliki. 

Keempat, saya ingatkan kepada para KPN, Pj KPN dan Saniri Negeri agar Saudara-saudara selalu Proaktif dan Bijaksana dalam Meminimalisir Potensi Konflik sekecil apapun serta menyelesaikan setiap Permasalahan yang terjadi di Negeri.

Mari kita Dukung bersama Tugas TNI/Polri dalam menjaga Kamtibmas di Daerah ini, saya juga berharap agar KPN bersama Lembaga Adat dapat secara cepat menyelesaikan semua Masalah yang terjadi di Negeri agar tidak Menimbulkan Konflik.

Diakhir sambutan, Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy mengucapkan Selamat kepada Saudara-saudara yang telah diambil Sumpah dan Dilantik pada hari ini sebagai KPN, Pj KPN dan Saniri Negeri. 

"Mudah-mudahan, Amanah Suci dan tanggungjawab yang dipercayakan kepada Saudara-saudara mulai hari ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab untuk Memajukan Masyarakat dan Negeri Masing-masing," tutupnya. (MCJ)
Malteng 9131899393992039174

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC