Loading...

Tarian Hadrat Mengantar Qurban Hari Raya Idul Adha di Negeri Rutah

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Masyarakat Negeri Rutah di Kecamatan Amahei, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mengadakan Tradisi Hadrat Keliling Kampung bertepatan dengan Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M kegiatan Ini dipusatkan dipelataran halaman Mesjid Nurul Ahmad Negeri Rutah, pada Kamis (29/06/2023).

Tradisi kegiatan "Hadrat" ini memberikan Manfaat agar para Generasi Muda untuk dapat Mengembangkan dan Melestarikan Seni Budaya dan Tradisi Syiar Islam yang sudah di Tanamkan oleh Orang Tatua Negeri yang Terdahulu. Sehingga, Tidak punah Akibat Perkembangan Zaman yang begitu Pesat.

Pada setiap Perayaan Idul Adha, setelah Pelaksanaan Sholat iD, maka dilanjutkan dengan "Pawai Hadrat" oleh Masyarakat Negeri dari berbagai Komponen baik itu Masyarakat, Pemuda/Pemudi serat Anak-anak dan lainya. Guna melestarikan Budaya Orang Tatua Negeri Yang telah di Lestarikan.

Setelah semuanya berkumpul dilanjutkan dengan melakukan Hadrat sambil berjalan membawa Hewan Qurban berkeliling Kampung untuk selanjutnya dilakukan Prosesi Penyembelihan Hewan Qurban oleh Panitia Qurban.

Selaku Anak Negeri, G. Nussy yang merupakan Penjabat (Pj) Negeri Rutah pada Media ini katakan, Ia merasa Bersyukur Hari Raya Qurban Idul Adha di tahun ini kita selalu Melestarikan Tradisi Budaya-budaya Orang Tatua Negeri yang Terjaga dan Terlestarikan yaitu Kegiatan Hadrat dalam Rangka Mengantar Hewan Qurban.

"Pada Prinsipnya Kegiatan Hadrat ini dilakukan sebelum Hewan-hewan Qurban itu di Kurbankan dan Kegiatan Hadrat di tahun Ini Antusias Masyarakat Negeri dan Pemuda sangat Luar Biasa dan sangat Rapih. Sehingga, Kegiatan Hadrat ini dapat Berjalan dengan Lancar sesuai dengan Apa yang diharapkan bersama," ungkapnya.

Lanjut dikatakan, sebagai Pj saya tentunya merasa Bersyukur bahwa, Kerjasama Masyarakat dan Stekhorder, Kususnya Pemuda/Pemudi Negeri Rutah yang cukup Baik dan pada akhirnya kita dapat melaksanakan Budaya Tradisi Hadrat ini sesuai dengan yang kita inginkan sampai dengan Kegiatan Penyembelihan Hewan Qurban.

Diketahui Qurban di tahun ini Negeri Rutah dua Ekor Sapi, ditambah dengan Hadiah satu Ekor Qurban Sapi dari Anak Negeri Keluarga Bapak, Dula Lewenussa serta ditambah Hadiah Qurban dari Orang yang tidak mau disebutkan Namanya dan Ada juga dari Partai PKS lewat Bapak, Supadi Sahib, Alhamdulillah di tahun ini sebanyak Empat Ekor sampai Qurban.

"Lebaran Idul Adha di tahun ini juga kami Pemerintah Negeri Rutah telah membentuk satu Panitia Qurban yang memang Khusus untuk menangani Masalah Hewan Qurban di Negeri," tutupnya. (MCJ)
Malteng 1818713539600066572

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC