Loading...

ORTAL Pemda Malteng, Terapkan Inovasi OPEN Perangi Stunting di Kecamatan TNS

TNS, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Melalui Terobosan dan Inovasi Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech Menekan Kemiskinan Ekstrim dan Stunting Lewat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pendamping Negeri (OPEN) Sekertariat Daerah Bagian Organisasi dan Tatalaksana (ORTAL) Jalankan Inovasi Open Pendampingan di Negeri Asuhannya pada, Sabtu (20/05/2023).

Patrick Tanate, SH Sebagai Kepala Bagian Organisasi (ORTAL) Malteng, saat diwawancarai Media ini katakan, untuk Menindaklanjuti Kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai Kelanjutan dari Perintah Presiden untuk Isu Besar termasuk dalamnya adalah Penanganan Stunting dan Kemiskinan ini, maka ada Inovasi OPD Pendamping Negeri (OPEN).

"Maka itu, kami dari Sekertariat Daerah Malteng Bagian Organisasi yang saat ini telah melaksanakan Pendampingan di Negeri Kokroman, Negeri Kuralele dan Negeri Usliapan Kecamatan Teon Nila Serua (TNS)," ungkap Kabag.

Lanjut dikatakan Patrick, Terkait dengan Kewenangan kita berada disini, suda beberapa Waktu yang lalu kami melakukan Monitoring dan Identifikasi Pemetaan untuk memastikan akar Persoalan sesuai yang suda dicanangkan bagaimana Penanganan Stunting dan Penanganan Kemiskinan.

"Untuk itu, kami telah Kolaborasi dengan Pemerintahan Negeri (Pemneg) setempat Luncurkan Rumah Singgah Kalesang Stunting dan Gizi Buruk di Puskesmas Rumdai," ujar Kabag.

Sedangkan untuk Rumah yang Kondisi Kesehatan juga sangat memprihatinkan.Oleh karena itu, kami juga Louncingkan Kegiatan Bedah Rumah untuk Keluarga Kurang Mampu, yang Berkolaborasi dengan Pemerintah Negeri setempat dan untuk mengatasi Kemiskinan juga hari ini Luncurkan satu Kegiatan Lahan Bersih Terisih (Labersih) yang mana kami telah menanam Tanaman Jangka Panjang yaitu 200 Anakan Cengkeh, 300 Anakan Kelapa dan 500 Anakan Pisang untuk dua Kepala Keluarga dengan Pemanfaatan Lahan sebesar 2 Hektare.

Untuk Penataan hari ini Kusus di Negeri Kokroman ada 4 Anak dengan Kondisi Stunting, satu Anak yang menurut kami Harus ada Perhatian Khusus yang mana suda Tiga Tahun belum Keluar dari Kondisi Stunting yang dialami.

Oleh karena itu, ada Program yang kita Lahirkan kembali dalam Rangka menangani Anak Stunting yang Kondisinya tadi dikatakan belum Keluar dari Stanting kami Luncurkan "Rumah Singgah Kalesang Stanting dan Gizi Buruk" Guna dilakukan Penanganan secara Kusus oleh Tim Medis untuk Anak Kekasih ini.

"Diharapkan dengan adanya Rumah Singgah ini bisa Berkolaborasi dari berbagai Unsur, dari Pemerintah Daerah, Kecamatan, Pemerintah Negeri serta Pimpinan Puskesmas dan Kader-kader Posyandu. Sehingga nantinya Rumah Singgah ini tidak hanya Berfungsi untuk melakukan Pelayanan semata tetapi ada juga Edukasih Pembinaan Pola-pola menjaga Kesehatan yang Maksimal agar Anak kita ini bisa Terbebas dari Stunting," tutup Kabag.

Turut hadir dalam kegiatan ini: Kepala Bagian Organisasi Ortal Kabupaten Malteng, Patrick Tanate, SH beserta Staf, Camat TNS, Ronald Wonmali, Latupati Kecamatan TNS, Agustinus Letwory, Raja Kokroman, Drs. Adolof Sinmiasa, Raja Kuralele, Dominggus Marantika, Kepala Puskesmas Rumdai, Babinkamtikmas, Masyarakat Tiga Desa serta Insan Pers. (MCT)
Malteng 6527686885220945359

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC