Loading...

Dinas Kominfo Kota Tual Hadiri Forum OPD Bidang Kominfo Provinsi Maluku Tahun 2023 di Kabupaten Kepulauan Aru

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Maluku menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2023, yang bertempat di Gedung Kesenian Sitakena, Dobo Kabupaten Kepulauan Aru pada, Rabu (29/03/2023).

Kegiatan yang mengusung Tema: "Pemerataan Infrastruktur Dan Konektivitas Melalui Penyediaan Jaringan Telekomunikasi Menuju Satu Data Provinsi Maluku" Ini diikuti seluruh Kepala Dinas Kominfo 11 Kabupaten/Kota Se-Maluku.

Kegiatan yang dibuka secara Resmi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga ini ditandai dengan Pemukulan Gong.

Selain Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Titus F. L. Renwarin, Kegiatan ini juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kepulauan Aru, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten dan Kota Se-Maluku, Jajaran Pejabat dan Staf Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten Kota, Stakeholder, beserta Unsur Terkait lainnya.

Turut menjadi Narasumber dalam Forum OPD ini Ketua Tim untuk Percepatan Pembangunan Provinsi Maluku, Hadi Basalamah dan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kemenkominfo, Bambang Dwi Anggono serta Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku, Asep Riyadi dan Pejabat dari Bappeda Provinsi Maluku.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Maluku, Murad Ismail yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Provinsi Maluku, Renwarin katakan bahwa, Gubernur memberikan Apresiasi dan Penghargaan kepada Bupati Kepulauan Aru dan seluruh Jajaran yang telah bersedia menerima Forum OPD Bidang Kominfo digelar di Kabupaten Kepulauan Aru.

Gubernur juga mengharapkan kepada seluruh Jajaran OPD Kabupaten Kota Se-Maluku untuk mensinkronkan Program Kegiatan Dinas Kominfo terutama dalam Penguatan Jaringan Telekomunikasi serta Penguatan Satu Data Indonesia Maluku, yang nantinya dapat diperoleh Informasi Data yang Akurat, sehingga menjadi Bahan dalam Penyusunan Statistik Sektoral di Provinsi Maluku.

"Dirinya mengharapkan agar Forum ini menjadi Forum berbagi Pengalaman dan Informasi sehingga, menguatkan Kerja-kerja Pemerintahan terutama pada Jajaran Dinas Kominfo, baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten dan Kota terutama dalam upaya Peningkatan Layanan Publik berupa Sistem Pemerintahan yang Berbasis Elektronik. Dan diera Digitalisasi saat ini, sangat dibutuhkan Konektivitas melalui Jaringan Telekomunikasi merupakan suatu Kebutuhan Mendasar," ungkapnya.

Pembangunan Infrastruktur dan Konektifitas melalui Jaringan Telekomunikasi telah dibangun dihampir sebagian besar Wilayah Provinsi Maluku.

Terkait dengan Peraturan Presiden Nomor: 9 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia Renwarin katakan, hal itu telah menjadi Tugas Utama Jajaran Diskominfo untuk menghasilkan Kebijakan yang tepat dengan Data yang Valid dan Akurat serta merupakan Kebijakan Tata Kelola Pemerintahan yang bertujuan untuk Menciptakan Data yang Berkualitas, mudah diakses dan dapat dibagi serta dipergunakan antar Instansi Pusat dan Daerah.

Ia mengatakan, Tentunya menjadi Harapan bersama bahwa, dengan adanya Pelaksanaan Forum OPD Dinas Kominfo Se-Maluku ini, bisa menghasilkan Program Kerja sekaligus sebagai Evaluasi Hasil Rekomendasi Pelaksanaan Kegiatan tahun sebelumnya dalam Menjawab Tantangan kedepanya sehingga apa yang menjadi Tujuan dan Sasaran dari Kegiatan ini dapat Tercapai dan Bermanfaat bagi Masyarakat.

Terkait dengan peran Kominfo dalam Peningkatan Tata Kelola pemerintahan di Provinsi Maluku, Ketua Tim Hadi Basalamah memberikan apresiasi dan mensupport penyelenggaraan forum OPD Dinas Kominfo lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota di Aru.

"Dirinya berharap, melalui Forum ini dapat dihasilkan Program-program Inovatif, dan Berimbas pada Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Maluku. Karena hal ini juga sesuai dengan Harapan Gubernur Maluku, Melalui 7 Program Prioritas dan 9 Kegiatan Unggulan, yang di dalamnya terdapat Pembangunan yang Berbasis pada Digitalisasi," ujarnya.

Basalamah menyampaikan, Sentuhan Digital harus dilakukan dengan Smart Office, karena Digitalisasi Penting untuk Memperpendek Rantai Birokrasi.

"Melalui Kerjasama dengan Badan Standarisasi Nasional, dalam Mengelola Smart Office, Berbasis Digitalisasi pada seluruh Proses Administrasi di Pemerintahan bisa jalan dan Saya yakin, Kadis Kominfo dan Jajaran di Kabupaten Kota bisa Mensupport Dinas Kominfo Provinsi dalam memberikan Layanan yang Terbaik buat Masyarakat," tutup Basalamah. (MCS)
Tual 1280420289840764415

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC