Loading...

Pelatihan Fasilitator TPK Kabupaten Digelar di Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku melalui Fasilitator Provinsi menggelar Kegiatan Pelatihan bagi Fasilitator Tim Pendamping Keluarga (TPK) Tingkat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tahun 2023 di Masohi, pada Rabu (08/03/2023).

Kegiatan tersebut dibuka dengan Resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Malteng, Dra. Silviana Matemu, M.Si Mewakili Pejabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dra. Silviana Matemu, M.Si, Pj Bupati Malteng katakan, atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Malteng, dirinya Mengapresiasi dan Menyambut baik Kegiatan ini karena sangat Penting dalam Rangka meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Tim Pendamping Keluarga dalam melaksanakan Pendampingan kepada Keluarga Berisiko Stunting demi terwujudnya Keluarga Berkualitas yang bebas Stunting di Daerah ini.

Diharapkan, Tim Pendamping Keluarga Kabupaten Malteng bisa menjangkau Masyarakat sampai ke Level terbawah dan mampu memberikan Penyuluhan untuk Pemahaman yang baik pada Masyarakat, sehingga Masyarakat Benar-benar Paham dan mengerti tentang Stunting.

Menurut Pj Bupati, Persoalan Stunting telah menjadi Agenda Pembangunan Nasional, sehingga Pemda Malteng terus melakukan berbagai Program dan Kegiatan Intervensi Penurunan Stunting mulai dari Tingkat Kecamatan hingga ke Negeri/Kelurahan, Bersama-sama dengan seluruh Stakeholder untuk mencari Solusi yang Terbaik, karena Target Kabupaten Malteng Tahun 2024 harus sama dengan Target Nasional Penurunan Stunting yaitu 14 Persen.

Percepatan Penurunan Stunting tentunya memerlukan Komitmen yang Kuat dan Kolaborasi Kerja berbagai Pihak menjadi Kunci untuk memastikan Konvergensi antar Program hingga ke Tingkat Desa/Kelurahan untuk menurunkan Stunting.

Dalam melakukan hal tersebut diperlukan Pendampingan Keluarga ditingkat Desa/Kelurahan dimana Kegiatan Pendampingan terhadap Keluarga tersebut dilakukan oleh Tim Pendamping Keluarga.

Sehubungan dengan hal tersebut maka, dalam Rangka meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Tim Pendamping Keluarga dalam melaksanakan Pendampingan kepada Keluarga Berisiko Stunting, maka Pelatihan ini perlu diikuti dengan Serius dan bertanggungjawab oleh para Peserta yang merupakan Fasilitator TPK ditingkat Kabupaten, terhadap Fungsi, Peran dan Tugas sebagai TPK dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting.

Hal Penting yang perlu diingatkan Pj Bupati adalah Peningkatan Kualitas dan Perbaikan Layanan dalam Rangka mendukung Percepatan Penurunan Stunting harus lebih Efisien dan lebih banyak yang Terintegrasi sampai ke Tingkat Layanan paling dasar serta perlunya Mengidentifikasi Hal-hal yang menjadi Kendala atau yang belum berjalan secara Optimal untuk dibuatkan upaya Strategis bersama, agar Target Provinsi dan Nasional dapat tercapai pada tahun 2024.

Pj Bupati meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terkait, Organisasi Kemasyarakatan dan semua Pihak Terkait agar dapat Bekerja sama, Bahu membahu secara Bersinergi dibawah Koordinasi BKKBN untuk mewujudkan upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Malteng lebih Optimal atau dapat mencapai Target.

"Mari kita Berkoordinasi menjadi satu Tim, karena Pemerintahan ini bisa Sukses apabila kita semua bersatu menggerakkan seluruh Tenaga dan Pikiran untuk mewujudkan apa yang menjadi Impian Pemda, guna mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Malteng yang sama-sama kita Cintai," ungkap Pj Bupati Malteng.

Fasilitator Provinsi dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Susan C. Hengst, SH melaporkan, Tujuan dari Kegiatan ini adalah: Melatih para Fasilitator Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kabupaten Malteng dalam menggunakan Aplikasi Elsimil Versi 2.0. Serta dapat diteruskan ke TPK pada Masing-masing Desa.

Hadir dalam Pelatihan tersebut Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malteng, dr. Nelly H. Manuhutu.

Pelatihan yang berlangsung Dua Hari itu 8-9 Maret 2023 dikuti oleh 24 Orang Peserta yang terdiri dari Unsur: PKK, Dinkes, IBI, PKB dan OPDKB Malteng, serta menghadirkan Tiga Narasumber dari Provinsi Masing-masing: Susana C. Hengst, SH, Jino Tehusalawany, S.Sos (BKKBN Provinsi Maluku), Antonia Anaktototy, S.ST (IBI Provinsi Maluku). (MCO)
Malteng 2123453244046871527

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC