Loading...

Dishub Kota Tual Ikuti Rakernis Perhubungan Se-Maluku di Ambon

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penyelenggaraan Angkutan Laut Perintis bertujuan untuk mendorong Pengembangan Daerah, meningkatkan Konektivitas antar Pulau dan Pemerataan Pembangunan serta Hasil-hasilnya demi terwujudnya Stabilitas Nasional yang Mantap dan Dinamis dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai mengikuti Kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dinas Perhubungan (Dishub) Se-Provinsi Maluku di Ambon, Delegasi Dishub Kota Tual yang diwakili Kepala Bidang Kepelabuhanan, Munira Renuat kepada Media ini, Kamis (09/03/2023). Katakan bahwa, saat ini Sekitar 70% Jumlah Galangan Kapal ada diwilayah Indonesia Bagian Barat sementara 84% dari seluruh Jumlah Kapal Perintis yang di Operasikan berada diwilayah Indonesia Bagian Timur.

"Kondisi ini membuat Mobilitas Kapal membutuhkan Waktu yang cukup lama.  Begitu juga perlunya Ketersediaan Kapal Pengganti jika terjadi Kerusakan Kapal sehingga tidak sampai mengganggu Pelayanan Keperintisan kepada Masyarakat," ungkap Renuat.

Pelayaran Perintis memiliki Peran Penting dan mendukung sepenuhnya Implementasi Tol Laut, yaitu menghubungkan Konektivitas Daerah Terluar, Terpencil, Tertinggal, dan Daerah Perbatasan. 

"Terwujudnya Program Tol Laut sangat tergantung meningkatnya Pelayaran dan lancarnya Distribusi Barang serta Perdagangan antar Pulau sehingga sangat menentukan Disparitas Harga antar Daerah," ujar Renuat. 

Untuk itu, Pihak Dishub Kota Tual berharap kiranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dapat mendatangkan Investor untuk membuat Galangan Kapal khususnya untuk Docking Kapal-kapal Perintis yang Beroperasi di Kawasan Tenggara Maluku. (MCS)
Tual 180530224789356207

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC