Loading...

Hadiri Wisuda Polikan Ini Pesan Bupati Thaher

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara M.Thaher Hanubun dan Wakil Bupati Petrus Beruatwarin Menghadiri Wisuda Politeknik Perikanan Negeri Tual (POLIKANT), Rabu (07/12/2022).

Bupati didampingi Wakil Bupati berkesempatan menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada kedua wisudawan dan wisudawati yang dianugerahi nilai terbaik Cumlaude dengan nilai Ip.4,00

Bupati pada sambutannya yang disampaikan oleh wakil Bupati Petrus Beruatwarin mengatakan bahwa,harus disyukuri karena pada hari yang berbahagia ini, telah diberi kesempatan untuk bersama – sama mengikuti momen bersejarah bagi putra – putri kita para Wisudawan / Wisudawati yang telah menyelesaikan Pendidikan baik Pendidikan Diploma III maupun Diploma IV Politeknik Perikanan Negeri Tual.

“Terkait dengan hal itu, maka Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati serta Orang Tua yang sungguh berbahagia.” ucapnya.

Orang nomor satu di Maluku Tenggara menyampaikan dasar didirikannya Politeknik Perikanan Negeri Tual dengan sokongan penuh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dilandaskan pada kebutuhan sektoral yang dirasakan potensial bagi eksplorasi dan eksploitasi secara bertanggungjawab atas kekayaan dan keberagaman sumber daya kelautan dan perikanan di Kabupaten Maluku Tenggara masa itu.

Potensi Kelautan dan Perikanan serta Potensi Pariwisata sebagai sektor unggulan dirasakan mampu menunjang pembangunan daerah. Untuk itu, dipandang perlu mendapat perhatian serius.

“Basic pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yakni Sumber Daya Manusia perlu dikembangkan secara sistematis dan terstruktur guna mampu menciptakan sumber daya manusia yang handal dan profesional dalam rangka pemanfaatan sumber daya alam kelautan, perikanan serta Sektor Pariwisata yang saya sebutkan sebagai sektor Unggulan Daerah.” ujar Bupati.

Dia juga mengajak semua orang Patut bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kepada kita, diberikan kekayaan potensi kelautan dan perikanan.
Secara Umum,Pasalnya Provinsi Maluku merupakan salah satu dari tujuh Provinsi Kepulauan di Indonesia dan Provinsi Maluku dengan Luas keseluruhan daratan dan lautan adalah 712.480 km2,  terdiri dari luas perairan mencapai 658.295 Km² (92,4%) dan luas daratan hanya sebesar 54.185 Km² (7,6%).

"Yang berarti kata Bupati,potensi eksplorasi dan Eksploitasi disektor Kelautan dan Perikanan sangat menjanjikan.”Kabupaten Maluku Tenggara melihat peluang ini dengan sangat serius, meskipun jujur boleh dikatakan, bahwa dengan diterbitkannya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kewenangan sektor Kelautan tidak lagi ada di kabupaten/kota.“ kata Hanubun.

Oleh karena itu,Pendidikan memiliki makna yang lebih mendalam dibandingkan pengajaran. Pendidikan setidaknya mampu memperkenalkan berbagai Kecakapan hidup yang mencakup kecakapan mengenal diri, kecakapan berpikir, kecakapan sosial, kecakapan akademik, dan kecakapan kejuruan.

Pasalnya,Menurut Bupati Hanubun, Politeknik Perikanan Negeri Tual sebagai suatu Lembaga Pendidikan Tinggi, perlu memediasi anak didik untuk mencapai kecakapan sebagaimana dimaksud.Kepintaran dan kecerdasan seyogyanya dapat berjalan secara selaras. Karena dengan demikian, maka kesuksesan akan dapat dicapai dalam berbagai aspek kehidupan.

“Anda para wisudawan – wisudawati yang pada hari ini diwisudakan diperhadapkan pada tantangan untuk mampu berkompetisi dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Untuk itu, pembelajaran harus terus dilakukan. Matangkan diri anda dengan informasi yang terus berkembang terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 (Four Point Zero).” imbauannya.

Pihaknya berpesan kepada para wisudawan wisudawati bahwa gelar Diploma yang di sandang sejak hari ini, membawa tanggungjawab yang besar untuk pribadi masing-masing, untuk keluarga, untuk almamater, untuk lingkungan, untuk daerah tercinta. (DS)
Maluku Tenggara 8849596102461507183

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC