Loading...

Bupati Malra Hadiri Penyerahan Dipa

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Kantor Pembendaharaan  Negara (KPPN) Tual resmi melakukan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2023 serta penandatanganan Pakta Integritas yang berlangsung di aula setempat, Kamis (08/12/2022).

Turut pula diserahkan, Piagam Penghargaan Bagi Satker Berkinerja Terbaik Tahun 2022.

DIPA diserahkan kepada tujuh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara.

Bupati M. Thaher Hanubun yang hadir dalam sambutannya, sedikit menyoroti kantor KPPN saat ini terkait nama, karena nomenklaturnya masih menggunakan nama lama.

“Seharusnya menggunakan nama Langgur karena letaknya berada pada Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara yakni Kota Langgur,” sorotnya.

Bupati kemudian menekankan, bahwa pengelolaan keuangan negara harus bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme dan perlu pengawasan yang ketat oleh pihak penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan dan Polres.

“Dalam arti, jika air yang mengalir dari Jakarta, singgah di provinsi dan sampai pada 11 kabupaten/kota di Maluku harusnya bersih,” sambungnya.

Bupati juga meminta Kepala KPPN Tual agar kedepannya, setiap kali menyelenggarakan penyerahan DIPA hendaknya pada lokasi yang agak luas sehingga dapat disaksikan oleh masyarakat banyak.

Hal itu dimaksudkan agar para kepala ohoi atau camat perlu diundang guna mengetahui pengelolaan keuangan yang baik.

“Bahwa untuk memperoleh DIPA ini tidaklah mudah, karena harus melalui berbagai tahapan dengan pembahasan yang cukup panjang,” bebernya.

Bupati mencontohkan, belum lama ini ada pertemuan seluruh kepala daerah di Tangerang membahas soal dana yang tidak dianggarkan seperti PPPK yang sudah ditransfer ke daerah namun tambahannya melalui Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp18 Miliar. Sementara untuk mengantisipasi hal tersebut, dibutuhkan dana sebesar Rp32 Miliar.

Bupati juga membeberkan, anggaran infrastruktur untuk kabupaten/kota se-Maluku pada 2023 mendatang yang paling besar nilainya adalah Kabupaten Maluku Tenggara sebesar Rp231 Miliar.

Untuk wilayah Kecamatan Kei Besar akan dikucurkan Rp92 Miliar pada awal tahun ini, namun perkerjaannya belum berjalan sehingga dirinya meminta pihak terkait untuk melakukan pengawasan.  

Sementara untuk jembatan Rp32 Miliar sudah dilaksanakan, dan terhadap penggunaanya pun harus transparan.

Dia berharap pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan baik dan transparan serta perlu pengawasan pihak terkait.

Untuk diketahui, di momen yang juga dilakukan  penyerahan DIPA bagi wilayah Kabupaten Kepulauan Aru dan Pemerintah Kota Tual.

Penyerahan DIPA langsung dilakukan oleh Bupati Malra. (DS)
Maluku Tenggara 7000737482617715965

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC