Loading...

DLHK Kota Tual Optimis Raih Clean City Blue Ocean (CCBO)

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Sekalipun Kota Tual Tidak Termasuk dalam Kota Bersih Laut Biru atau Clean City Blue Ocean (CCBO), akan tetapi Fakta dilapangan membuktikan bahwa Laut dikawasan Kepulauan Kei sangat Bersih dan Jalanan sepanjang Daratan Pulau Dullah sangat Bersih.

Penjelasan tersebut disampaikan, Prof J. Nirahua saat memberikan materi pada acara seminar Penguatan Justifikasi Kelembagaan Pemerintah Daerah di Balai Kota Tual, Senin (14/11/2022).

Menurut Prof Nirahua, Tual yang masuk kategori Kota Kecil berbasis Kepulauan sudah sangat baik dalam tata kelola Persampahan, sehingga terbukti sampai saat ini belum ada satupun kasus pencemaran Laut yang diakibatkan oleh Limbah Sampah. Padahal Kota Tual setiap hari memproduksi Sampah berkisar 9-10 Ton.

Untuk itu, Dirinya memberikan Apresiasi kepada Pemkot Tual dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan sebab mampu menjaga keseimbangan antara Sampah dan Lingkungan. Tidak menutup kemungkinan kedepannya Kita Tual akan menjadi Pilot  Project bagi pengembangan Kota Bersih dan Laut Bersih.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Tual, Jamal Renhoat kepada Media ini katakan, walaupun saat ini pihaknya hanya memiliki 2 Unit Mobil Angkut Sampah jenis Armroll, namun dirinya Optimis Jajaran DLHK Kota Tual selalu siap 24 Jam dalam memberikan pelayanan terkait masalah Sampah.

Walaupun demikian dirinya memastikan waktu istirahat bagi Petugas Kebersihan baik yang dijalan maupun bagian pengangkutan memiliki waktu istirahat yang cukup.

"Mantan Camat Tayando Tam ini melanjutkan bahwa, tidak menutup kemungkinan Pada Tahun Depan Pihaknya berencana mendatangkan lagi beberapa unit Mobil pengangkut sampah serta Kendaraan Bermotor Roda Tiga untuk melayani Komplek pemukiman yang tidak dapat dilalui oleh Mobil Angkut Sampah," tutup Renhoat. (MCS)
Tual 4996272232955978107

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC