Loading...

Pemkot Tual Siap Back Up Kelompok Tani di Desa Ohoitel

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penegasan tersebut dikatakan Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si saat Panen Perdana Bawang Merah di Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara, Jumat (08/10/2021).

Panen Bawang Merah seluas 2 Hektare milik Kelompok Tani Pribumi Jaya ini selain dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tual, Irene Ngabalin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Fachry Rahayaan juga dihadiri oleh Wakil Ketua 1 DPRD Kota Tual, Ali Mardana.

Walikota Tual dalam sambutan singkatnya katakan, sudah saatnya mindset masyarakat Kota Tual berubah mengingat saat ini kita dituntut untuk dapat menyediakan Komoditi Pertanian yang mampu memenuhi kebutuhan Kapal Ekspor maupun Kapal Ikan yang beroperasi dan berhome base di Kota Tual.

"Jangan lagi kita terus bergantung pada daerah lain dalam memenuhi kebutuhan sandang jenis Hortikultura seperti Buah Buahan dan Sayur sayuran," ujar Walikota Tual.

Kelompok Tani Pribumi Jaya sendiri beranggotakan para Petani Desa Ohoitel yang dikoordinir oleh, Bung Nizar Sether yang juga mantan Jurnalis dan Aktivis Pergerakan Kota Tual.

Nizar Sether berani banting setir menjadi Petani karena dapat membaca peluang disamping tantangan dari Dinas Pertanian Kota Tual sendiri yakni Masyarakat Desa Ohoitel yang memiliki Lahan Subur berhektar-hektar tapi justru membeli sayur dari para Petani asal pulau Jawa.

Tantangan tersebut menjadi Motivasi seorang Nizar Sether untuk membuktikan kepada Pemerintah bahwa, masyarakat Kei justru adalah Petani Tangguh yang pantang menyerah dan mau belajar dari pihak lain sehingga hari ini menjadi momentum bersejarah bagi para Petani Desa Ohoitel kalau mereka juga Bisa menjadi Petani Profesional.

Menutup sambutannya Walikota Tual mengajak para Petani yang ada di Kota Tual untuk memanfaatkan lahan tidur agar dapat dikelola secara baik dan tetap menjaga kelestarian lingkungan Hidup sekitarnya demi kelangsungan anak cucu kedepan.

Setelah Panen Bawang Merah pada hari ini maka Kelompok Tani Pribumi Jaya selanjutnya akan memulai menanam Bawang Putih untuk menopang kebutuhan pasar di Kawasan Tenggara Maluku. (MCS)
Tual 3730476881487474631

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC