Loading...

Bupati: Konflik Yang Terjadi Bukan Persoalan Agama

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Menyikapi konflik warga dua desa Ohoi Bombay dan  Ohoi Elat, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara, pada (12/11/2022) kemarin, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dengan tegas, mengeluarkan imbauan dengan Nomor 1008/3721/Setda yang ditujukan bagi seluruh camat Se-Kabupaten Malra.

Himbauan tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun sekaligus merupakan instruksi yang ditujukan kepada seluruh camat 11 kecamatan Se-Kabupaten Malra untuk segera dilaksanakan.

Menurut Bupati Thaher, menyikapi insiden pertikaian kedua kelompok masyarakat di pulau Kei Besar, maka diperlukan langkah-langkah preventif agar tidak menimbulkan dampak yang lebih luas.

Bupati Thaher memerintahkan seluruh camat diwilayah Kabupaten Malra agar segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam hal ini, tokoh gama dan tokoh masyarakat guna membacakan himbauan Bupati Malra pada setiap rumah ibadah atau melalui pengeras suara pada masing-masing ohoi pada kecamatan masing-masing.

Bupati Thaher tegaskan bahwa, ini adalah insiden yang sangat memilukan, sehingga berbagai langkah koordinatif baik dengan pihak TNI-Polri, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat telah dilakukan guna memulihkan kondisi, agar kondusif kembali serta berupaya guna mendamaikan kedua kelompok warga yang bertikai.

Selain itu, dalam proses pemulihan Bupati Thaher mengimbau kepada semua pihak  terkait, agar kedua kelompok yang bertikai dapat menahan diri dan menghentikan pertikaian sambil menunggu langkah yang diambil pemerintah daerah dengan pihak terkait dalam penyelesaian konflik ini.

Bupati Thaher minta semua pihak agar tidak terprovokasi dengan berbagai isu dan informasi yang beredar yang diyakini belum tentu benar adanya, termasuk menyebarkan foto atau video yang berpotensi memicu kemarahan, serta mewaspadai penyebaran (Kabar Bohong) serta ujaran kebencian.

"Berbagai langka persuasif telah dilakukan antara Pemerintah Daerah, TNI dan Polri, tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh Masyarakat telah mengambil langka cepat, tegas dan terukur dalam upaya penegakan hukum dalam pemulihan keamanan dan ketertiban masyarakat," ungkapnya.

Selaku Bupati Maluku Tenggara dengan ini mengatakan dengan tegas bahwa, konflik yang terjadi antara ohoi Bombay dan Elat tidak ada kaitanya dengan pertikaian antar Agama.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Malra dan sekitarnya agar tetap merawat dan menjaga perdamaian dan persaudaraan sejati di bumi Lar Vul Ngabal. (DS)
Maluku Tenggara 6255295082366863407

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC