Loading...

Inovasi Dinas Kominfo Tual Menuju Masyarakat Digital

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tual, Mahmud Rahanyamtel kepada Media ini katakan, pihaknya akan terus berupaya merealisasikan kebijakan Pemerintah Pusat di daerah-daerah termasuk Kota Tual dalam hal pelayanan Komunikasi dan Informasi publik.

Beberapa waktu lalu kami bahkan turun ke beberapa wilayah Kecamatan di Tayando Tam dan Pulau Pulau Kur untuk merespon dan menjawab tuntutan masyarakat yang haus akan Informasi namun terkendala pada jaringan.

Perlu diketahui oleh publik bahwa, saat ini seluruh pulau pulau di wilayah Kota Tual yang berpenghuni telah terjangkau oleh layanan Internet sebagai jawaban dari Visi dan Misi Kepala Daerah Terpilih 2018-2023.

Dirinya menambahkan bahwa, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Kominfo telah menekankan 5 langkah percepatan agenda Transformasi Digital Nasional yakni:

1. Mempercepat perluasan akses peningkatan Infrastruktur Digital dan penyediaan layanan internet.
2. Mempersiapkan Roadmap Peta Jalan Transformasi Digital di sektor-sektor strategis.
3. Mempercepat Integrasi pusat data nasional.
4. Menyiapkan Regulasi, skema-skema pendanaan dan pembiayaan Transformasi digital.
5. menyiapkan talenta digital.

Saat ini Kementerian Kominfo sedang dan akan terus berupaya mewujudkan visi Transformasi Digital Nasional melalui agenda-agenda besar dan program-program Prioritas yang mencakup: 

- Penyediaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti BTS (Base Transceiver Station), Palapa Ring.
- Penyediaan satelit.
- Serta perangkat-perangkat jaringan lainnya.

Di samping itu, berbagai agenda dan program lainnya antara lain pengelolaan Spektrum Frekuensi, Standar perangkat, dan Layanan Publik, termasuk Farming dan Refarming Spektrum Frekuensi, pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mencakup Pembangunan Pusat Data Nasional.

"Kemudian pengendalian dan tata kelola penyelenggaraan Sistem Elektronik, serta mendorong Literasi Digital dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) digital. Komunikasi Publik, termasuk dengan mendukung Komunikasi Publik KPCPEN dan Sosialisasi Event-event besar di Indonesia," tutup Rahanyamtel. (MCS)
Tual 7017141113254233872

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC