Loading...

Dinas Sosial Kota Tual Gelar Pelatihan Tagana Tahun 2021

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Baileo Maren, Senin (11/10/2021) Dinas Sosial Kota Tual kembali menggelar Pelatihan Taruna Siaga Bencana.

Kegiatan yang digagas Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinsos Kota Tual ini menitikberatkan pada Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat/Program Penanganan Bencana dengan Jargon "One Comand, One Rule, One Corps" kegiatan yang direncanakan berlangsung selama tiga hari ini nantinya akan diakhiri di pantai Divur Desa Lebetawi Kecamatan Dullah Utara.

Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, SE ini diikuti oleh 60 Peserta yang terdiri dari Kecamatan Dullah Selatan sebanyak 18 Peserta, Kecamatan Dullah Utara sebanyak 22 Peserta, Kecamatan Tayando Tam sebanyak 7 Peserta, Kecamatan Pulau Kur sebanyak 7 Peserta dan Kecamatan Kur Selatan sebanyak 6 Peserta.

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Tual, Sifa Alhamid ketika diwawancarai Media ini katakan, sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Kota Tual dari unsur Pemuda yang memenuhi persyaratan sebagai anggota Taruna Siaga Bencana.

Kegiatan ini sendiri adalah Implementasi dari UU Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Rakyat, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 Tentang penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2012 Tentang Taruna Siaga Bencana, serta Surat Keputusan Walikota Tual Nomor 58A Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Taruna Siaga Bencana.

Kegiatan yang menghadirkan Instruktur dari Provinsi Maluku sebanyak 2 orang ini nantinya akan memberikan Pelatihan tentang tata cara dalam menghadapi sebuah Bencana serta peran dan fungsi Taruna Siaga Bencana dalam menghadapi Bencana.

"Sementara Pematerinya sebanyak 2 orang yang berasal dari Dinsos Kota Tual," ungkap Alhamid.

Dalam sambutannya Walikota Tual, Adam Rahayaan berharap agar ke 60 Peserta senantiasa Siap dan Tanggap terhadap situasi apapun dikala terjadi Bencana.

"Sehingga ketika selesai dari pelatihan ini para peserta dituntut untuk selalu terlibat dalam setiap penanganan bencana di daerah masing-masing kapan pun ketika di butuhkan," ucap Rahayaan.

Walikota Berharap dengan adanya kegiatan seperti ini maka semakin meningkatnya Motivasi dan Partisipasi para Pemuda/Masyarakat dalam upaya penanggulangan Bencana serta semakin meningkatnya Profesionalisme Relawan Sosial Taruna Siaga Bencana dalam pelaksanaan tugas kemanusiaan. (MCS)
Tual 3084849229533920561

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC