Loading...

Camat Salahutu Resmi Lantik 14 Saniri Negeri Waai Kabupaten Malteng

WAAI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Berdasarkan SK Bupati Maluku Tengah nomor: 147/333 Tahun 2021, 14 orang Saniri Negeri Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Periode 2021-2027, Selasa (06/07/2021) di Baeleo Pattasiwa Negeri Waai, secara resmi diambil Sumpah dan diresmikan Camat Salahuttu, Kabupaten Maluku Tengah. 

Dalam sambutannya, Camat Salahutu, Manap Ohorella menjelaskan Saniri adalah mitra kerja Pemerintah Negeri untuk sama-sama mengawal pemerintahan dan membangun Negeri. 

Ingat jangan menganggap Pemerintah Negeru sebagai kawan juga sebagai lawan, Saniri Negeri adalah mitra kerja Pemerintah Negeri sebagai kawan juga sebagai lawan, Saniri Negeru adalah mitra kerja Pemerintah Negeri untuk sama-sama mengawal Pemerintahan dan pembangunan Negeri kedepan. 

Untuk itu dirinya mengharapkan agar Ke 14 anggota Saniri Negeri Waai periode 2021-2027 yang baru dilantik bisa menjalankan Tugas dan Tupoksi dengan baik, tidak salah menggunakan kewenangan sehingga dapat menimbulkan konflik yang bisa merugikan masyarakat.

"Saya harap badan Saniri negeri yang baru ini dapat mengemban tugas dan tanggungjawab secara baik sesuai tupoksi dan kewenangan bersama dengan Pemerintah Negeri Waai," ungkapnya. 

Kepada Saniri periode sebelumnya, Ohorella menyampaikan terima kasih karena selama ini mengabdikan diri dalam mengemban tugas-tugas. 

"Pada kesempatan itu juga, Camat meningkatkan Pemerintahan Negeri maupun Saniri Negeri Waai beserta seluruh masyarakat  terkait Perkembangan Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini sudah semakin meningkatkan," ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau Pemerintah negeri agar dapat mengajak seluruh masyarakat negeri Waai taat terhadap protokol kesehatan juga dalam mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Sementara itu kepada wartawan, usai pelaksanaan pengambilan sumpah dan peresmian Saniri Negeri Waai, salah satu tokoh anak negeri Waai, Stella Reawaruw kepada media menyampaikan, dengan adanya pelantikan Saniri Negeri Waai yang baru diharapkan agar para Saniri Negeri dapat berdiri tegak di atas tugas dan fungsi untuk mengontrol Pemerintahan negeri dengan baik. 

Menurutnya, selama ini Pemerintahan tidak berjalan dengan baik sehingga menimbulkan berbagai hal yang merugikan masyarakat.

Untuk itu, sebagai perwakilan dari tiga Soa diharapkan Saniri Negeri Waai yang baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik, jangan memihak kiri dan kanan tetapi berdiri sesuai tugas dan fungsi Saniri Negeri yang Semestinya. 

Prosesi pelantikan dilakukan di Baeleo diawali dengan prosesi pelantikan secara adat ke-14 anggota Saniri yang mewakili 3 Soa yang ada di Negeri Waai masing-masing Soa Risama, Soa Patihuru dan Soa Rumalai dilakukan oleh Aman Upu (Tuan Negeri) Nikson Tualauru. 

Sebelum memulai kegiatan tersebut diawali dengan Doa oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Waai, Pdt. Ny D. Siwabessy. 

Prosesi pelantikan ditandai dengan bunyi Tahuru sebanyak, setelah itu Aman Upu, Kapitan, Mongarementer mengucapkan Sumpah adat dan Salawir. 

Setelah sumpah dan Salawir dilakukan, Marinyo Negeri Menabuh Tifa Negeri dilanjutkan dengna Doa Adat oleh Mongarementer.

Usai doa adat, Badan Saniri baru dipersilahkan duduk diikuti oleh Badan Adat dan dilanjutkan dengan Nyanyian Adat Pengukuhan sampai selesai dan ditutup kembali dengan Doa oleh Pendeta. 

Usai pelantikan secara Adat, dilanjutkan dengan pelantikan Saniri Negeri secara administrasi pemerintahan yang dihadiri langsung oleh Camat Salahutu, Manap Ohorella, dan dihadiri oleh unsur Muspika baik Danramil maupun dari Polsek Salahutu. Pelantikan Negeri Waai. (MCO)
Malteng 421532512018643968

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC