Loading...

Pemkot Tual Hadiri Syukuran Rat Tuvle Ke XXIII

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Syukuran yang digelar oleh Masyrakat Adat pada Ratschap Fao Ohoivuut ini sekaligus menandai pengakuan secara Resmi oleh Pemerintah Kota Tual kepada Rat Tuvle yang ke 23 kini dipegang oleh Raja Djafar Tamher.

Walikota Tual, Adam Rahayaan,S.Ag, M.Si menyampaikan apresiasi atas Pengukuhan dan syukuran Bapak Djafar Tamher,SE sebagai Rat Tuvle atau Raja Tual yang baru.

Hal ini disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Walikota Usman Tamnge saat menghadiri Acara Syukuran Pengukuhan Rat Tuvle yang ke 23 di kediamannya di jalan Fid Nang Armau, Selasa (09/03/2021).

Walikota menjelaskan kedudukan dan peran Rat dalam filosofi masyarakat Kei disebut dengan Uun Turun Naf’en.

"Oleh sebab itu keberadaan Tokoh Adat yang kita kenal dengan sebutan Raja sangatlah strategis sebab Kedudukan seorang Raja Begitu penting sehingga tanpa Rekomendasinya Tak akan dapat diselenggarakan suatu Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Ohoi dalam Ratschapnya sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Baik Kota Tual maupun Maluku Tenggara sebab kedua Daerah ini menganut satu Hukum Adat yakni Larvul Ngabal," ungkapnya.

Dalam Konteks ini peran Raja dalam mengambil keputusan di semua aspek kehidupan masyarakat adat di wilayah Ratschap Fao Ohoivuut maka Walikota berharap Raja Tual dapat bersinergi untuk membantu pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi dan misi Kota Tual.

Visi dan misi dimaksud adalah sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 yakni mewujudkan Kota Tual sebagai Kota BERADAT (Beriman, Ekonomi, Kerakyatan, Responsif, Akuntabel, Demokrasi, Amanah, dan Transparan.

"Pemkot Tual Berharap agar para Raja dapat membantu Pemerintah Daerah dalam menghadapi proses Pemilihan Kepala Desa di wilayah Ratschapnya secara aman, lancar dan sukses," tutup Walikota sebagaimana yang dibacakan oleh Wakil Walikota Usman Tamnge. (MCS)

Tual 7786982206613767850

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC