Loading...

Penandatanganan Kerja Sama Antara PLN Unit Induk Wilayah Maluku-MalUt dengan Pemda Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PLN (Persero) unit induk wilayah Maluku dan Maluku Utara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon unit pelaksana pelayanan pelanggan Ambon dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini, tentang pemungutan dan penyetoran pajak penerangan jalan dan pembayaran rekening listrik Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah. Kamis (10/12/2020), yang bertempat di Baeleo Ir Soekarno, Pandopo Bupati Malteng.

Di kesempatan ini pula, laporan singkat Menager PT. PLN Persero unit pelaksana pelayanan pelanggan (UP3) Masohi. Adi Purwono, mengatakan bahwa, Maluku Tengah ada 2 (dua) unit PLN yakni unit MP3 yang mana kami sendiri yang melayani UP3 Masohi dan melayani Kabupaten Maluku Tengah yang ada di Pulau Seram.

Untuk di luar Pulau Seram di keloleh UP3 Ambon dalam hal ini, Pak Ibrahim sebagai manajer yang mana telah hadir disini untuk melengkapi kami PLN UP3 Masohi, untuk melayani 45.704 pelanggan di Kabupaten Maluku Tengah.

Pada dasarnya Kami sudah melayani kebutuhan listrik dan setiap pembayaran dari tagihan listrik Masyarakat, ada sebagian yang menjadi PPG dan kemudian kita setorkan lewat rekening Pemerintah Daerah Maluku Tengah.

Kemudian sekedar tambahan Kami laporkan bahwa di tahun ini terkait pandemi Covid-19, sejak April sampai dengan bulan Desember ada 45.704 pelanggan. Di Kabupaten Maluku Tengah sekitar 24.882, mendapat stimulus Covid-19, sejak April sampai dengan Desember mendapatkan stimulus untuk daya 450 itu gratis benar-benar gratis nol tagihannya Kemudian untuk daya 900 itu mendapat diskon 50% jadi ada 24.888.

Kemudian di bulan Desember ini kita dari PLN persero mempunyai program menyambung 158 rumah listrik gratis daya 450, di Kabupaten Maluku Tengah dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, dan untuk diketahui bahwa di sistem Mas sudah beroperasi PLTMG 120 megawatt, Oleh karena itu kami dari PT. PLN persero siap mendukung segala kegiatan investasi di Kabupaten Maluku Tengah khususnya di Masohi.

Sementara itu, Menejer PLN (Persero) UP3, unit induk wilayah Maluku dan Maluku Utara. Husen Sobri, Dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan pelayanan PLN UP3 Ambon, yang berada dilingkup Pemda Maluku Tengah, melayani pelanggan-pelanggan Maluku Tengah yang ada di pulau Ambon di Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat kemudian di Kecamatan Salahutu, kemudian di Pulau Haruku, Saparua sampai di Nusa Laut, dengan jumlah pelanggan total kami yang masuk di Maluku Tengah itu sekitar 52.000 dan 50.000.

Kemudian terkait dengan kegiatan hari ini PT. PLN tentunya melayani dan berjalan sudah sangat baik, Kami juga berkoordinasi dengan jajaran Bapak Bupati selama ini terkait dengan stimulusi Covid-19, tentunya bantuan untuk masyarakat selama masa Pandemi Covid-19 ini, berupa diskon 100% atau bebas listrik, untuk pelanggan daya 450 PH tarif rumah tangga, Kemudian untuk tarif bisnis dan industri gratis 100%.

Kemudian juga ada daya 900 untuk subsidi diskon 50% jumlah pelanggan masuk dalam lingkup Pemda Maluku Tengah ini adalah sekitar 20.000 dan 22.000 pelanggan, sampai pada Hari ini sekitar 24.000 pelanggan dari yang masuk di wilayah kami itu ada sekitar 22.000 pelanggan, 20.079 pelanggan sampai data terakhir.

Di bulan November yang 450 ini, adalah rumah tangga biasa, rumah tangga subsidi di gratiskan dari Pemerintah dan kami sudah di mintain data dari BPK segala macam terkait dengan penyaluran ini, dimana dalam mekanismenya ini berproses dengan Bapak Camat, Kepala Desa sampai Kepala Dusun maupun tokoh-tokoh masyarakat yang ada.

Kemudian untuk program lainnya untuk selama masa Covid-19 ini, terkait pemberdayaan masyarakat selain ada diskon 100% untuk bisnis dan industri tarif 150, juga sampai saat ini masih memperpanjang program super Merdeka diskon untuk tambah daya dengan diskon 70% sampai 75% ini cukup banyak antusiasme yang ada di PLN saat ini.

Sementara itu lewat program ini diharapkan para UKM dan UMKM ini bisa lebih bersemangat lagi dengan memberikan program diskon 75% untuk tambah daya.

Bupati Maluku Tengah. Tuasikal Abua, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Maluku tengah, memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, yang mana kegiatan ini sangat penting bagi upaya peningkatan Penerimaan Negara dari sektor pajak penerangan jalan dan beban rekening listrik.

"Hal ini merupakan salah satu perwujudan dari hak dan kewajiban setiap warga Negara, badan usaha maupun instansi Pemerintah untuk mengaktualisasikan peran dan tanggung jawabnya, memberikan kontribusi secara langsung guna menunjang pembayaran Negara dan Pembangunan Nasional," ungkapnya.

Bila kita merujuk pada situasi saat ini, dimana roda perekonomian Nasional masi tetap, karena sektor riil ikut terpukul kondisi Global, maka sektor pajak tetap masih menjadi sumber utama penerimaan Negara, dapat digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

pembiayaan belanja pegawai tentang pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana umum seperti Jalan, Jembatan, Sekolah, Rumah Sakit, Puskesmas dan bentuk pelayanan publik lainnya itu memang diperlukan satu kesamaan Visi dan pemahaman tentang pengelolaan pajak penerangan jalan dan upaya menciptakan kesadaran bersama.

Penerangan jalan juga dapat dioptimalkan bagai keindahan dan kenyamanan kota serta masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah, hal itu kembali ke kita selaku Aparatur Negara, ke depan harus menjadi contoh dalam kesadaran pembayaran rekening listrik, sehingga tercipta keseimbangan antara hak dan kewajiban kita dalam menikmati Listrik Negara.

Pemikiran, semangat dan komitmen yang sama ini, memberikan yang terbaik bagi peningkatan Kesejahteraan Rakyat, pelayanan yang prima dan berkualitas, membangun Negara dan Bangsa, teristimewa Daerah ini. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Maluku Tengah.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini saya juga menyampaikan terima kasih kepada PT. PLN UP3 atas waktunya di mana telah memberikan banyak kemudahan-kemudahan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan yang sebagaimana yang disampaikan tadi.

"Konsekuensi pelayanan yang diberikan harus mematuhi apa-apa yang merupakan program-program atau ketentuan-ketentuan yang ada di diri kita sendiri. Kami juga, ucapkan terima kasih atas partisipasinya sehingga Maluku Tengah ini, secara langsung telah mendapatkan pelayanan listrik," tutupnya. (MCJ)

Malteng 8422090000215321256

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC