Loading...

Dilaksanakan Secara Sederhana Penyerahan Pataka Pamahanunusa Dalam Rangka HUT Ke-63 Kota Masohi

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya, "Penyerahan Pataka Pamahanunussa dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Kota Masohi Tahun 2020, Dilaksanakan tanpa kemeriahan dan euforia tetapi di peringati dengan sangat sederhana".

"Penyerahan Pataka Pamahanunussa dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Kota Masohi, sebagai satu momentum bersejarah bagi semua Masyarakat Maluku Tengah "Bumi Pamahanunusa".

Pantaun MALUKUCHANNELONLINE, Pataka Pamahanunussa di bawa dari Tugu Pamahanunussa mengelilingi Kota Masohi dan berakhir di Pandopo Bupati Maluku Tengah, Pataka Pamahanunussa di serahkan dari tua-tua adat Negeri Amahai kepada Upu Latu Negeri Amahai dan di serahkan kepada Ina Latu Pati Maluku Tengah serta di terima langsung Oleh Bupati Maluku Tengah.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua,SH Dalam sambutannya, mengucapkan Selamat Ulang Tahun, Selamat bagi warga Kota Masohi, Warga Kabupaten Maluku Tengah di manapun berada. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan dan kesehatan untuk terus membangun serta memajukan Kota ini menjadi Kota yang maju dan sejahtera.

"Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada Selasa (03/11/2020), Kabupaten Maluku Tengah memperingati hari jadi yang Ke-63, dengan kondisi Bangsa dan Negara ini, termasuk Kabupaten Maluku Tengah sekarang kita sedang menghadapi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) selama kurang lebih 8 bulan terakhir ini, sehingga peringatan tahun ini dilaksanakan tanpa kemeriahan dan euforia tetapi di peringati dengan sangat sederhana, tetapi tidak menghilangkan makna kultural tentang sejarah perjuangan para leluhur perintis Kota Masohi, yang dipenuhi dengan semangat dan nilai-nilai perjuangan, pengabdian, pengorbanan, dan kegotong royongan," jelasnya.

Tuasikal, menambahkan bahwa, terkait dengan itu, melalui peringatan HUT Kota Masohi kali ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah tetap berkomitmen untuk melakukan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Kota Masohi Tahun 2020, melalui Acara Penyerahan Pataka Pamahanunusa ini kepada lima Negeri adat, sebagai bentuk warisan para leluhur yang harus dijaga dan dikembangkan.

Bagi saya, momentum penyerahan Pataka Pamahanunusa harus dimakanai bukan sebagai prosesi seremonial dan kultural tentang sejarah lahirnya Kota Masohi, tetapi harus dimaknai secara lebih luas dan mendalam tentang pesan moral, kultural dan historis yang amat bermakna tentang kearifan, kebesaran jiwa, semangat persatuan dan kesatuan serta nilai-nilai perjuangan, pengabdian, dan kegotong royongan para pendahulu kita yang telah berkarya dan berkorban bagi kemajuan dan kebersamaan kita sebagai sebuah daerah dan masyarakat yang majemuk.

"Olehnya itu, sebagai masyarakat Maluku Tengah kita semua dituntut untuk selalu mampu mempertahankan, melestarikan dan menumbuhkembangkan semangat gotong royong dalam membangun Kota Masohi sebagai warisan leluhur, serta memantapkan hubungan silaturahim antar sesama orang basudara dengan satu tradisi adat istiadat dan budaya pela gandong dalam semangat Masohi dalam kesatuan Bhineka Tunggal Ika," ungkapnya.

Tuasikal, mengajak semua lapisan masyarakat untuk patut bersyukur, karena Kota Masohi pada usianya ke-63 di tahun ini, telah menunjukkan jati dirinya, yakni sebagai kota yang aman, damai dan layak di perhitungkan pada tingkat Provinsi maupun kancah nasional.

Hal ini jelas terlihat dari berbagai pencapaian Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah yang berhasil memperoleh apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Maluku, dalam berbagai bidang.

Berbagai perubahan dan keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah baik dalam Kota Masohi secara khusus maupun Maluku Tengah secara menyeluruh, semuanya mencerminkan eksistensi harkat dan martabat, semangat serta tekad kita sebagai warga masyarakat dalam membangun Kota dan daerah ini menjadi lebih maju.

Terkait dengan itu melalui kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk selalu bekerjasama, bergandeng tangan dan bahu membahu serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam pembangunan, melayani masyarakat dengan tulus dan penuh keikhlasan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan kepada kita demi mewujudkan "Maluku Tengah yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara".

Mengingat kondisi Negara dan Daerah kita tercinta ini masih dalam situasi menghadapi Virus Corona maka dengan tidak henti-hentinya saya ingin menghimbau kepada kita semua untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, dan beradaptasi dengan Kebiasaan Baru Produktif dan Aman Covid-19, bahkan terutama selalu turut
mendoakan keamanan dan keselamatan Bangsa dan Negara ini. (MCJ)

Malteng 1706418214880885644

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC