Loading...

Bersama Bupati Malteng At-Community Nasdem Peduli Pangan Lokal Adakan Panen Raya Ubi Jalar

Peduli Pangan Lokal Adakan Panen Raya Ubi Jalar
MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Pegunungan Sugarto Punjak, bersama Bupati Maluku Tengah (Malteng) Hi. Tuasikal Abua,SH At-Community Nasdem Peduli, yang di ketuai oleh. Abdulah Tuasikal, adalah Anggota DPR RI dari Partai Nasdem dapil Maluku, adakan Panen Raya tahap satu Ubi jalar yang di kenal dengan tanaman Petatas dengan lahan seluas delapan sampai sepuluh hektar, Senin (10/08/2020).

Hasil panen ubi jalar ini akan di bagikan kepada seluruh masyarakat Maluku tengah yang berhak menerimanya, ubi jalar yang di panen di kemas dalam karung beras 15 kg, hal ini menandakan adanya kontribusi pangan lokal untuk kepentingan masyarakat Maluku umumnya khususnya masyarakat Maluku Tengah.

Di sela-sela kegiatan panen raya, Bupati Maluku tengah, Tuasikal Abua, Ketua tim At-Community. Abdulah Tuasikal, bersam-sama dengan sejumlah OPD, Pimpinan TNI-Polri, wilaya Malteng, OKP, serta toko Masyarakat, toko Agama, toko Adat, dan toko Pemuda, melakukan panen raya ubi jalar dan penanaman kembali Ubi jalar.

Bupati Kab. Maluku Tengah, Hi Tuasikal Abua,SH
Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah, mengatakan bahwa atas nama Masyarakat Maluku tengah Saya mengucapkan terima kasi kepada At-Community Nasdem Peduli, karena suda peduli kepada masyarakat Maluku tengah, dengan membagikan sejumlah ubi jalar kepada masyarakat Maluku Tengah.

"Hal ini sudah membantu serta meringankan masyarakat Maluku tengah di tengah Pendemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan merupakan tolak ukur membangun bangsa serta mendorong ekonomi kerakyatan," ungkapnya.

Anggota DPRI, dari Partai Nasdem dapil Maluku. Abdulah Tuasikal, yang merupakan Ketua tim At-Community, kepada sejumlah Awak Media, mengatakan bahwa Kegiatan panen Raya perdana Nasdem Peduli dan dilanjuti dengan kegiatan penanaman, "Panen Raya ini dari awal tanamnya sampai panen berusia kurang lebih Tiga bulan setengah, ada beberapa lokasih yang mana sudah memasuki tahap ke Enam penanaman.

"Penanaman dalam tahap pertama hari ini kurang lebih 8 Ribu anakan dan kitapun tanam kurang lebih tiga hari, dan tiga hari itupun kita tanam sekitar 10 Ribu anakan, Dan hari ini Insya Allah kita akan bagikan secara gratis sekitar 2.500 KK (kepala keluarga)," terangnya.

Panen Raya Ubi Jalar
Tuasikal menambahkan bahwa program Nasdem Peduli Insya Allah tiap dua minggu sampi tiga minggu, Kita bisa membantu masyarakat sekitar 3.000 sampai 3.500 Kepala keluarga (KK) dan kita akan terus menjalankan program kita ini, dan pada saatnya Bulan November kita akan panen seminggu sekali, sehingga dalam waktu satu minggu kita bisa memberikan kepada masyarakat secara gratis sekitar atau minimal 3.000 paket.

"Dengan pengalaman ini dalam kondisi Covid-19 yang ada, sebenarnya wilaya kita ini punya potensi untuk pangan lokal, kearifan lokalnya dan ini harus kita tingkatkan, untuk itu dengan kita membagi sekaligus men-sosialisasikan, menyakinkan masyarakat dan kita membuat kerjasama di tingkat kecamatan bahkan ketingkat pedesaan," jelasnya.

Tuasikal, mengungkapkan bahwa Kita juga suda meng-inpentalisir Kecamatan-Kecamatan yang mau bekerja sama Dengan Nasdem Peduli.

Ketua Tim At-Community, Abdulah Tuasikal (kanan)
Dengan ini Insya Allah kalu program kita ini jalan saya yakin masyarakatpun ada budaya malu. "Ko Kegiatan ini kita diberi, seharusnya kita yang memberi". Kenapa demikian..? Pertama lahan pekarangan kita ada, lahan garapan kita ada dan mereka mau tetapi siapa yang mau menggerakan mereka, apalagi dengan kondisi Covid-19 yang ada sekarang ini.

Kita tidak tau Covid ini kapan selesainya, Apakah Ketahanan pangan kita bisa untuk menguntungi rakyat atau tidak.

Untuk itu harapan saya dengan situasi yang sekarang ini dan kita tidak dapat membaca kapan berakhirnya Covid-19 ini, maka itu lebih baik mari kita bersama masyarakat men-sosialisasikan, kita tidak bisa lagi harus bercerita.

Panen Raya Ubi Jalar
Kalau kita berhasil rakyatpun berhasil agar minimal masing-masing masyarakat dengan ini dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya masing-masing. Kita berhasil maka masyarakatpun berhail dan menikmati panen itu.

Dengan program panen raya Nasdem peduli ini bersama masyarakat minimal untuk partisipasi masyarakat dalam bercocok tanam pangan dan kami pun suda menyiapi sekitar kurang lebih ada 25 s/d 30 hektar lahan untuk mewujutkan Program Nasdem Peduli ini dan Ansya Allah setiap seminggu kita harus panen dan bagikan untuk masyakat.

"Kuncinya dari semua ini adalah kita kembali kepada alam, Rizky kalau Allah merestui, Tuhan merestui dan semoga apa yang kita Rencanakan, dengan ini saya yakin apa yang kita Rencanakan berjalan dengan lancar," tutupnya. (MCJ)

Malteng 8498955408212000074

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC