Loading...

Dispar Tual Bentuk Badan Pengelola Wisata

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Kadis Pariwisata, Enggelina Heatubun dalam arahanya mengatakan penyuluhan sadar wisata dan pengelolaan pariwisata menjadi bagian yang sangat penting guna menopang perkembangan pariwisata disebuah Destinasi, Sabtu (21/03/2020)

"Ada 4 kerangka pembangunan pariwisata yaitu destinasi, industri Pariwisata dan yang paling penting adalah kelembagaan pariwisata dan masyarakat," ungkapnya.

Dijelaskanya kegiatan penyuluhan diharapkan dapat meningkatkan kualitas wisata yang ada dengan mendorong pembentukan masyarakat sadar wisata serta kelembagaan dalam mengelola potensi yang ada dipantai Divur.

Sudah banyak yang kita berikan khususnya dalam memenuhi kualitas objek dan atraksi pariwisata di pantai ini namun di dalam penilaian kami Dinas Pariwisata bahwa sebuah destinasi yang berkualitas dan berdaya saing itu belum terpenuhi di pantai divur.

"Untuk itu penyuluhan dari staf yang merupakan ASN baru pada Dispar yang ada dalam Pra Jabatan yang tujuanya membentuk kelompok sadar wisata dan badan pengelola pantai Divur menjadi sangat penting, kedepanya juga akan dilakukan pada destinasi-destinasi yang ada di Kota Tual," ujarnya.

Nantinya dengan terbentuknya Kelompok Masyarakat Desa sadar Wisata diharapkan dapat memajukan Pantai divur hal ini mengingat banyak lokasi seperti goa yang ada di selatan pantai untuk bisa dimunculkan menjadi Destinasi baru.

Selain itu juga belum adanya pemberdayaan terhadap masyarakat khususnya dalam mendorong ekonomi kreatif karena yang baru ada hanyalah penyediaan kuliner.

"Dengan terbentuknya lembaga pengelolaan diharapkan banyak menciptakan atraksi diantaranya mendorong sektor ekonomi kreatif dengan menciptakan pengrajin souvenir, Snorkling, Sanggar Budaya Tari maupun usaha lainya yang mendukung keberadaan destinasi sehingga wisata yang ada bisa berkembang, berkualitas dan berkelanjutan," tutupnya. (MCS)
Tual 8251702193252946307

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC