Loading...

TP PKK Malteng Dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 di Serut Timur Seti

MASOHI, Malukuchannel.com - Pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK pada tahun 2018, yang berusia 46 tahun. TP PKK Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) bersama-sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Malteng, melaksanakan sejumlah kegiatan di antaranya sunatan masal, pengobatan gratis dan pemberian Alat kontrasepsi dalam berbagai bentuk, berupa pil KB, suntik KB, implan, patch, bagi ibu-ibu yang ada di Seram Utara Timur Seti. Rabu (21/03/2018), yang bertempat di pelataran Kantor Camat Seram Utara Seram Utara Timur Seti (Serut) dan puskesmas.

Turut hadir: Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,SH yang di wakili Asisten II Sekda Malteng M. Baharun Kalau, ketua TP PKK kabupaten Malteng ibu Amien Ru'aty Tuasikal, Plt Kadis BKKBN Malteng La. Harisa, Camat Seram Utara Timur Seti, Camat Seram Utara, Camat Seram Utara Timur Kobi, para anggota TP PKK, para petinggi TNI-POLRI di Kecamatan, para Kepala Desa, serta masyarakat Seram Utara.

"Pada kesempatan ini pula Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya yang di bacakan oleh Asisten II Sekda Mateng M. Baharun Kalau, mengatakan bahwa: keluarga merupakan Barometer bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya sehingga untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin.

Tentu tidak bisa dilepas pisahkan dari Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga. yang dikelola dan dilaksanakan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga TP PKK yang dibentuk mulai dari pusat sampai dengan tingkat kelurahan dan desa/negeri," Unkapnya.

Tuasikal, mengingatkan agar persaingan dan tantangan untuk maju dalam era globalisasi dewasa ini sangat ketat, maka di usianya yang ke-46 tahun ini, Gerakan PKK masih terus dibutuhkan untuk bersama pemerintah dan seluruh komponen bangsa terus menumbuh kembangkan keteladanan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga, dan masyarakat. agar tidak keliru dalam menghadapi berbagai perubahan yang berlangsung sangat tepat dan mengglobal. Sehingga perlu adanya Ketahanan Keluarga dalam upaya mewujudkan Keluarga Sejahtera dan masyarakat yang mandiri.

Untuk kepentingan itu, melalui momentum Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK pada hari ini, secara khusus saya mengajak segenap jajaran Tum Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah agar merefleksikan sejarah tentang pahitgetimya perjalanan panjang dan perjuangan Tim Penggerak PKK selama ini dan memaknainya dengan penuh kearifan, penuh syukur dan penuh kebanggaan, "Tandasnya.

Memang sudah sepantasnya kita semua bangga alas kemajuan yang telah dicapai selama ini terhadap berbagai karya yang ditorehkan dalam bentuk program dan kegiatan yang dilakukan oleh PKK, di antaranya PKK telah berperan aktif da|am meningkatkan derajat kesehatan ibu, bayi, dan balita melalui Pos Yandu serta pendidikan bagi anak usia dini. Kedua, PKK telah mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dan bersama-sama seluruh komponen masyarakat melakukan upaya sinergis bagi terwujudnya ketahanan keluarga dan kemandirian masyarakat.

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga sebagai Gerakan Nasional. Gerakan ini dominan dimotori kaum perempuan, memiliki visi bagi terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sejahtera ,maju, mandiri, Kesetaraan dalam Gender, serta kesedaran hukum dan lingkungan, memiliki makna hakiki, karena mencangkup seluruh aspek kehidupan manusia.

"Sementara itu, sambutan Ketua Umum TP-PKK Pusat, Dr. Erni Guntarti Jahjo Kumolo, yang di bacakan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Malteng Amien Ru'ati Tuasikal, mengatakan bahwa Hari Kesatuan Gerak (HKG), PKK pada tahun 2018, berusia 46 tahun. sebgai tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2018 juga akan di selenggarakan HKG PKK. sesuasi dengan nilai (history) dan hasil Rakernas VII PKK tahun 2010, peringatan HKG PKK ke-46 tahun 2018 pada prinsipnya tetap diperingati pada tanggal 4 maret 2018 oleh TP PKK Pusat dan Daerah. Mengingat tanggal 4 maret 2018 adalah hari minggu, maka TP PKK Pusat akan menyelenggarakannya dengan sederhana pada hari senin 5 maret 2018, untuk di daerah di laksanakan sesuai kondisi masing-masing.

Tema sentral Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-46 tahun 2018 kali ini adalah "Kerukunan Dalam Keluarga Dan Lingkungan Untuk Wujudkan Indonesia Damai" tema tersebut mengandung makna, bahwa melalui momentum peringatan HKG PKK ini diharapkan segenapa jajaran Tim Penggerak PKK secara di semua tingkatan, senantiasa bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh keluarga-keluarga di Indonesia, bahwa kondisi aman, nyaman, tentram dan damai di negara kita ini, pada dasarnya dimulai dari keluarga dan lingkungan kita masing-masing," Tutupnya. (MCJ)
Malteng 7714317433209202208

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC