Loading...

Disperindag Malteng Pantau Stok Bahan Pokok

AMBON, Malukuchannel.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah memantau stok maupun harga bahan pokok masyarakat menjelang akhir tahun 2017.

"Kami mengintensifkan pemantauan agar para pedagang tidak memanfaatkan momentum akhir tahun dengan kemungkinan menaikan harga maupun menyimpan stok," kata Kepala Disperindag Maluku Tengah, Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Senin (30/10/2017).

Stok bahan pokok masyarakat bisa memenuhi lebih dari 400.000 jiwa penduduk Maluku Tengah hingga beberapa bulan kedepan.

Terjaminnya stok bahan pokok masyarakat ini berdasarkan pemantauan tim Disperindag yang intensif dilakukan dua kali sepekan.

"Jadi bukan hanya stok terjamin. Namun, harga bahan pokok masyarakat juga stabil," ujar Kace.

Dia mengemukakan, intensif berkoordinasi dengan para distributor maupun penyalur bahan pokok masyarakat sehingga stok bahan pokok masyarakat terjamin.

Para distributor sudah mengetahui tanggung jawabnya sehingga sejak dini sudah memasok bahan pokok masyarakat dari sentra produksi.

Dia mengakui, telur yang biasa dipasok dari Surabaya, Jawa Timur maupun Makassar, Sulawesi Selatan sering mengalami kekurangan bila terlambat dipasok dari dua daerah tersebut.

"Jadinya, distributor sering diingatkan memasok lebih awal karena kebutuhan, terutama untuk membuat aneka kue itu dibutuhkan di seluruh Indonesia sehingga mempengaruhi stok dan harga yang masih dalam tahap kewajaran," katanya.

Khusus untuk beras, dia menjelaskan, para petani di dataran Pasahari, Seram Utara, memproduksinya sehingga bisa menyangga kebutuhan masyarakat di Maluku Tengah dengan kapasitas masih terbatas.

"Terobosan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal - Marlattu Leleurry untuk program beras subsidi sehingga masyarakat di Masohi, ibu kota kabupaten setempat bisa membeli sesuai harga di dataran Pasahari dengan kelebihannya dibayar Pemkab setempat," tandas Kace. (Mc-T)
Malteng 7515875009455584420

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC