Loading...

Yoltuwu Buka Pameran Prudes, Prukades di Masohi


MASOHI, Malukuchannel.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembangunan Daerah Tertentu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Drs. Johozua M. Yoltuwu, M.Si. MA, membuka Pameran Produk Unggulan Desa (Prudes), Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) tingkat Provinsi Maluku, serta Pameran pembangunan dan ekspose ketransmigrasian tingkat kabupaten Maluku Tengah.

Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan di Pantai Ina Marina Masohi pada Sabtu 28 Oktober 2017 kemarin pukul 20.30 dihadiri oleh ribuan masyarakat kota Masohi dan sekitarnya, Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH, Forkopimda dan jajaran SKPD di lingkup Pemda Malteng.

Yoltuwu dalam sambutannya mengatakan, pengucuran dana APBN berupa Dana Desa secara besar-besaran oleh Pemerintah Pusat langsung ke Satuan Kerja (Satker) Desa, sehingga pengelolaanya secara langsung oleh Kepala Desa dan jajarannya.

Menurutnya, tahun 2017 Pemerintah Pusat telah mengucurkan DD sebanyak Rp.127 Triliun. Itu berarti bahwa ada 75 ribu desa di seluruh Indonesia yang memperoleh DD dengan besaran DD yang diterima mencapai Rp.1 Miliar.

Sementara untuk tahun 2018 nanti juga mencapai Rp.1 Miliar sehingga semua kepala desa termasuk di provinsi Maluku dan di kabupaten Maluku Tengah, harus mampu membijaki dan mengelola DD tersebut kepada masyarakat, sehingga masyarakat di desa mendapat kesejahteraan sesuai dengan keinginan Pemerintah.

"Sebelum pelaksanaan program DD tersebut, Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH telah memiliki icon positif dalam pengembangan desa di Malteng, dengan berbagai terobosan dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Tabaos Bupati Membangun Negeri. Yoltuwu sangat mengapresiasi program Bupati Malteng tersebut,"ungkapnya.

Dikatakan, terobosan bupati Tuasikal tersebut akan memberikan dampak positif terbesar bagi masyarakat Malteng dalam pembangunan berskala kemasyarakatan, sehingga masyarakat bisa bangkit dari ketertinggalan menuju masyarakat yang sejahtera.

Icon positif Tuasikal ini mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementerian Desa, sehingga Bupati Tuasikal dan masyarakat Malteng telah mendapat penghargaan dari kedua kementerian tersebut.

Kendati demikian, Prudes dan Prukades merupakan program unggulan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi sehingga Kabupaten Maluku Tengah mendapat pembangunan Serbaguna dari Kemendes PDT dan Transmigrasi. (Mc-T)
Malteng 2204090815284977290

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC