Loading...

Pemkot Tual Setujui Hibah Areal Pelabuhan Yos Sudarso Dikelola UPP

TUAL, Malukuchannel.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tual merespon positif surat permohonan hibah lahan di areal Pelabuhan Laut Yos Sudarso, untuk dikelola Kantor UPP Tual.

"Berdasarkan dari UPP Klas II Tual perihal permohonan hibah tanah areal pelabuhan Yos Sudarso, Pemerintah Kota Tual menyetujui untuk menghibahkan areal Pelabuhan dengan luas lahan kurang lebih 21.675.30.M2 sesuai dengan daftar layout pelabuhan," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Klas II Tual, Arifai,SE di Tual, Sabtu (26/08/2017).

Dia menjelaskan, areal yang dihibahkan dalam proses penyelesaian sertifikat dan akan diserahkan oleh  Pemkot untuk  kantor UPP Tual.

"Untuk sertifikat sementara dalam proses di kantor pertanahan Kabupaten Maluku Tenggara, dan apabila sertifikat telah diterbitkan maka Pemkot akan menghibahkan areal tersebut kepada kementerian perhubungan." jelasnya.

Ditambahkan,dengan pelepasan lahan tersebut, direncanakan perluasan areal penumpukan kontainer dan pengadaan crane yang lebih besar di areal pelabuhan, sehingga efektivitas pelabuhan dapat bermanfaat sesuai harapan semua pihak,

Proposal untuk penambahan kapal, lanjut dia, sudah diterima dan tinggal menunggu selesainya pembangunan kapal tersebut,

"Rencananya akan dihibahkan awal Februari 2018 kepada Pemkot Tual," katanya.

Dia menambahkan, bersama Kadishub Tual, berkoordinasi meloloskan proposal tersebut dengan kementerian. "Saya bersama Kadishub kota Tual telah berkoordinasi dengan direktorat Lalulintas angkutan Laut Ditjen Hubla terkait bantuan hibah kapal," terangnya.

Bantuan kapal 35 GT kebawah dari Kementrian Perhubungan ke Pemkot Tual, dengan daya angkut penumpang 24 orang dan 10 ton barang yang dilengkapi peralatan navigasi kapal yang lengkap.

Diharapkan, dengan bantuan kapal ini pemerintah Kota Tual dapat membantu pelayanan masyarakat yang ada di pulau-pulau,

"Diharapkan pemkot dapat mengoperasionalkan kapal tersebut dengan baik, untuk masyarakat pulau-pulau terpencil karena kapal ini dirancang khusus untuk transportasi antar pulau terdekat," tutupnya. (Mc)
Tual 3124157231464167770

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC