Loading...

Min Ru'ati Tuasikal Siap Pimpin dan Ciptakan Tenun Bermotif Khas Bumi Pamahanu-Nusa

MASOHI, Malukuchannel.com - Pelatihan Pembuatan Tenun dan Bordiran yang dibuka langsung oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua, di Aula Pendopo, Masohi. yang mana Bekerja sama dengan Dinas Perindag Kabupaten Malteng dan TP PKK Kabupaten Malteng. Rabu, (02/08/2017).

Tim Penggerak PKK di bawah pimpinan Min Ru’ati Tuasikal, dengan semangat yang besar siap mencitpkan tenun yang bermotif khas Bumi Pamahanu-Nusa.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Maluku Tengah: Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya Mengharapkan para peserta yang akan mengikuti pelatihan selama sebulan itu, selalu serius agar misi dalam menggerakan Pelaku Industri Kecil dan Menengah dalam menciptakan brand lokal akan tercipta.

"Tuasikal menambahkan agar semua pelaku IKM yang mengikuti kegiatan ini, benar-benar serius dan memanfaatkan kesempatan baik ini, agar segala informasi dan pengetahuan yang diperoleh nantinya dapat diaplikasikan, seperti semangat TP PKK bahwa akan menciptakan Tenun bermotif Lokal.

Pemusatan pelatihan pembuatan tenun sesuai dengan target Pemda dalam mengembangkan para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Malteng agar dalam implementasinnya IKM dapat membantu pemerintah dalam menggerakan ekonomi rakyat kearah lebih baik," Harap Tuasikal

IKM ini sangat penting, agar setiap negeri dapat memiliki minimal satu produk unggulan berdasarkan potensi dan karakteristik dari masing-masing Negeri. Untuk mendukung itu, maka tentu setiap pelaku IKM seyogyanya dapat memanfaatkan teknologi industri sesuai dengan kebutuhan produksinya,” Tandasnya.

"Perlu saya sampaikan, bahwa pemanfaatan teknologi industri dalam pengembangan usaha sangatlah penting. Karena selain mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi, diharapkan pula ketika IKM telah berkembang, dapat menyerap tenaga kerja di wilayah produksi, sehingga menurunkan angka pengangguran." Tambhanya.

Dalam kegiatan ini pula, materi-materi yang diberikan berupa, Teori dan ceramah tentang cara membuat tenun dan Bordir dengan motif lokal. Para  narausmber yang mengisi kegiatan tersebut didatangkan TP PKK dari padang Sumatra Barat, diantaranya Ena Rohenah, Yuli Osrita, Suhandi dan eri Mulyadri mereka merupakan Instruktur bordir dan tenun dari bukit tinggi dan tanah datar padang sumatra barat. (Mc-J)
Slider 7204355264695337053

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC