Loading...

BI Maluku Siapkan Dana Rp1,4 Triliun Hadapi Lebaran

Ambon, Maluku Channel.com - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Maluku menyiapkan dana sedikitnya Rp1,4 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 1438 Hijriah hingga perayaan Idul Fitri nanti.

"Jumlah uang tunai tersebut terdiri uang pecahan besar Rp100.000, Rp50.000, sebanyak Rp921 miliar dan uang pecahan kecil yakni Rp20.000 ke bawah sebanyak Rp472 miliar," kata Ketua tim advisory dan pengembangan ekonomi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Maluku, Andy Setyo Biwado di Ambon, Rabu (7/6/2017).

Jumlah uang tersebut, lanjutnya, dinilai cukup untuk kebutuhan masyarakat Maluku karena jumlah tersebut dinilai lebih tinggi dibanding realisasi 2016.

Dia mengatakan, BI Maluku juga telah menyiapkan Rp225 miliar uang disain baru tahun emisi 2016 yang terdiri dari uang pecahan besar senilai Rp150 miliar dan uang pecahan kecil Rp75 miliar.

Dengan jumlah uang tersebut BI Maluku berharap masyarakat yang memiliki uang disain baru semakin merata di seluruh Maluku.

Andy mengatakan, untuk meningkatkan jangkauan penukaran uang, Bank Indonesia telah bekerja sama dengan 15 bank di Kota Ambon untuk melayani penukaran uang pecahan kecil untuk masyarakat.

"Masyarakat dapat datang langsung ke loket-loket bank umum dengan jadwal yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Kegiatan penukaran tersebut, lanjutnya, tidak terbatas hanya kepada nasabah bank yang bersangkutan, namun masyarakat yang bukan nasabah juga dapat menukar uang pecahan disain baru tanpa dikenakan biaya.

Sedangkan jadwal penukaran di loket bank umum terhitung mulai hari Senin adalah Bank BTN, BANK Syariah, Mandiri, dan Bank Arta Graha, untuk hari Selasa dijadwalkan untuk Bank BRI, Danamon, Mayora dan Muamalat.

Untuk hari Rabu yakni Bank BPD Maluku/Maluku Utara, Mayapada, Sinar Mas, Maybank. Hari Kamis yakni Bank Mandiri, BNI, Panin, Nobu, dan hari Jumat Bank BPD Maluku/Maluku Utara, dan Bank Muamalat.

Andy mengatakan, selama Ramadhan 2017, BI Maluku menambah layanan penukaran melalui kas keliling sebanyak dua hingga tiga dalam seminggu. Selain kas keliling yang sudah rutin dilaksanakan setiap hari Kamis di Plaza Ambon, selama Ramadan 1438 H.

"Yakni kas keliling ke daerah sekitar seperti Desa liang, Tulehu, Waiyame, Laha dan Passo, sedangkan di luar Pulau Ambon kas keliling dilakukan hingga Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Tehoru, Banda, Lontor dan Bula," ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, biasanya dilakukan di pusat-pusat keramaian, seperti pasar dan terminal, dalam hal ini, BI Maluku tidak melayani penukaran untuk masyarakat secara langsung. (MC-G)
Ekonomi 4442723269790105098

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC