Loading...

Terkait TPPU: Empat Petinggi Bank Maluku Diperiksa

Ambon, Maluku Channel.com Sebanyak empat petinggi Bank Maluku menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi Maluku, terkait dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pengadaan lahan dan gedung Bank Maluku cabang Surabaya dengan tersangka Hentje Toisuta.

Pantauan media ini, Rabu (7/9/2016), keempat petinggi tersebut yakni, Direktur Kepatuhan Bank Maluku dan Maluku Utara, Izack Thenu, komisaris Bank Maluku dan Maluku Utara Izack Saimima, Burhanudin Waliulu Pelaksana Tugas Bank Maluku dan Maluku Utara, serta Tianje Jolanda Kepala Umum dan Hukum Bank Maluku dan Maluku Utara.

Tianje Jolanda selaku kepala bagian Umum dan Hukum serta Burhanudin Waliulu selaku pelaksana tugas, terlihat mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Maluku sekitar pukul 09.00 wit dan langsung menuju ruang pemeriksaan.

Dalam pemeriksaan tersebut kedua petinggi Bank Maluku dan Maluku Utara ini dicecar dengan puluhan pertanyaan oleh jaksa penyidik terkait dugaan tindak pidana pencucian uang yang diduga dilakukan tersangka Hentje Toisuta.

Setelah sekitar dua jam menjalani pemeriksaan, terlihat Tianje Jolanda meninggalkan kantor Kejaksaan Tinggi Maluku, selang beberapa menit kemudian pelaksana tugas Bank Maluku dan Maluku Utara Burhanudin Waliulu juga terlihat meninggalkan ruangan penyidik Kejaksaan Tinggi Maluku.

Burhanudin yang dicegat wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik, mengakui diperiksa terkait adanya dugaan tindak pidana pencucian uang proyek pengadaan lahan dan gedung Bank Maluku cabang Surabaya yang diduga dilakukan oleh Hentje Toisuta.

Sedangkan Izak Thenu terlihat mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Maluku sekitar pukul 11.00 wit. Kepada wartawan koran ini yang menyapa Thenu di lobby bagian Pidana Khusus mengakui, dirinya juga turut diundang penyidik untuk memberikan keterangan terkait kasus tersebut.

“Saya diundang untuk memberikan keterangan sekaligus saya juga akan memberikan beberapa bukti dalam kasus ini, “ ujar Thenu.

Bahkan sambil menunggu diperiksa, Thenu berkesempatan menyaksikan atraksi terjun payung yang digelar dalam rangka HUT Kota Ambon ke 441.

Setelah kedatangan Thenu, beberapa menit kemudian Izack Saimima komisaris Bank Maluku dan Maluku Utara juga terlihat datang ke kantor Kejaksaan Tinggi Maluku guna memenuhi panggilan jaksa untuk memberikan keterangan terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang pengadaan lahan dan gedung Bank Maluku cabang Surabaya dengan tersangka Hentje Toisuta.
Hukrim 5197289671491670488

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC