Loading...

Pj. Bupati Jadi Irup di Gelar Apel Salawaku Polres Malra

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Penjabat Bupati Maluku Tenggara bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Kesiapan PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 bertempat dilapangan Upacara Kantor Bupati, Jl. Abraham Koedoeboen, Desa Langgur, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara pada, Rabu (15/11/2023) pukul 08:25 WIT.

Pantauan media ini Pejabat Upacara terdiri dari Perwira Apel, PS. Kasat Binmas, Iptu Carel B. Palapessy dan Komandan Apel, PS. Kasat Samapta, Iptu Abdullah Rettob.

Upacara tersebut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten MalukuTenggara, Mundichri Koedoeboen, SE, Danlanud D. Dumatubun, Letkol Pas Muhammad Junaidi, SH, Wakapolres Maluku Tenggara, Kompol Izaac Risambessy, S.Sos, Pasi Ops kodim 1503/Tual, Lettu Inf Nirwan Boiratan, Komisioner KPU Maluku Tenggara, Tarsisius Sarkol, Komisioner Bawaslu Maluku Tenggara, Marselus Hungan, S.Sos, M.Si, Kepala Kesbangpol Maluku Tenggara, M. Tukloy dan Para OPD dilingkup Kabupaten Malra.

Adapun susunan peserta apel yaitu:
- 1 SSR Perwira Polres Maluku Tenggara.
- 1 SSR Dalmas Res Maluku Tenggara.
- 1 SSR Gabungan Staf Res Maluku Tenggara.
- 1 SSR Lantas Res Malra.
- 1 SSR Bhabinkamtibmas Res Malra.
- 1 SSR Gabungan Res Intel.
- 1 SSR Pol. PP Kabupaten Maluku Tenggara.
- 1 SSR Satpam.
- 1 SSR Linmas.

Dalam amanat Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum yang dibacakan oleh Inspektur apel Pj. Bupati Malra Drs. Jasmono, M.Si menjelaskan bahwa, apel PAM Swakarsa dalam rangka Pengamanan pemilu 2024 diwilayah hukum Polda Maluku khususnya di Kota Tual yang melibatkan rekan-rekan dari TNI, satuan pengamanan, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan dan Linmas untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya guna menjamin keamanan yang kondusif hal ini sejalan dengan undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Polri pasal 3 mengenai bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa yang membantu tugas Polri dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas.

"Apel ini juga dimaksudkan karena keberhasilan dalam menciptakan situasi kondusif tidak terlepas dari besarnya partisipasi seluruh masyarakat dan peran serta stakeholder ditengah keterbatasan personel maka peran masyarakat menjadi sangat penting dalam terciptanya situasi yang aman dan kondusif, melalui sinergitas antara TNI-Polri masyarakat dan seluruh stakeholder," ungkap Pj. Bupati.

Polri lanjut dia, terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan Swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan hal ini sejalan dengan program presisi Kapolri tepatnya pada kebijakan transformasi operasional Polri yaitu, peningkatan peran PAM Swakarsa dilingkungan atau wilayah kerja dan pemantapan pembinaan PAM Swakarsa, saat ini Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan situasi terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

Saya berpesan agar kehadiran Kamtibmas harus betul-betul bisa menjadikan pemilu berjalan dengan aman dan damai serta penuh semangat persaudaraan dengan tidak ada perselisihan apalagi konflik hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama dalam bingkai NKRI.

"Kita harus mendukung penyelenggaraan pesta demokrasi agar berjalan dengan aman dan tertib karena keberhasilan ini akan menjadi lompatan besar bagi Indonesia untuk mewujudkan demokrasi yang mapan dalam menyongsong Indonesia emas yang dicita-citakan bersama," tutup Pj. Bupati. (DS)
Maluku Tenggara 6113251796194546981

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC