Loading...

Bupati Thaher Borong Dagangan Lokal Masyarakat Ohoilimtahit

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Selain turut mengambil bagian dalam pelaksanaan buka sasi (Hair Yot), Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun juga memborong seluruh hasil dagangan dan kuliner masyarakat Ohoilimtahit pada, Sabtu (14/10/2023).

Meskipun, hanya sekedar mencicipi sedikit demi sedikit kuliner warga, Thaher akui cukup puas dengan sajian makanan dari kesatuan masyarakat adat Ratschap Ohoilimtahit ini.

Beranjak dari meja ke meja, Thaher turut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara, Ibu Eva Eliya Hanubun dan Jajaran Forkopimda dengan membeli sejumlah makanan pokok khas Kepulauan Kei.

Tampak, ada ikan bakar, enbal bubuhuk, keladi, petatas, sayuran sir-sir, bubur kacang merah, anggur laut (lat-lat) dan singkong yang menghiasi seluruh penjuru meja.

Ada pula oleh-oleh dan kuliner dalam bentuk kemasan yang merupakan produk lokal primadona masyarakat setempat.

Bupati menyebut, masyarakat adalah alasan untuk dirinya terus berbuat baik. Karena semakin banyak kebaikan yang dilakukan maka tantangannya pula akan semakin besar.

"Semuanya bagus-bagus. Produk lokal serta kulinernya ini perlu ditingkatkan agar bisa dipromosikan keluar daerah sehingga tahun-tahun akan datang lebih banyak wisatawan yang berkunjung kesini," ungkapnya.

Kendati, masyarakat sangat mendukung terlaksananya Iven Festival Pesona Meti Kei (FPMK), maka sebagai rasa terima kasih Hanubun bersedia membeli produk lokal warga untuk dibawa pulang ke rumah.

"Ini juga merupakan salah satu ikan andalan masyarakat Faan. Cukup besar dan hanya bisa ada ketika dilakukan adat atau Hair Yot baru bisa didapat, jadi kalau mau dapat ikan seperti ini datang pada setiap kali pelaksanaan Meti Kei tepatnya di Desa Faan karena ikan ini jarang ditemukan di daerah lain hanya ada di Desa Faan, Kabupaten Maluku Tenggara," ujarnya.

Usai berbelanja, dilanjutkan dengan sesi pentas seni dan budaya ini dengan penampilan tarian kontemporer yang merupakan kolaborasi antara wandan kultur dan pelajar Faan serta ditutup dengan doa. (DS)
Maluku Tenggara 4100125415561926804

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC