Loading...

Tiang Alif Masjid Al'Manafi Dipasang Bupati Maluku Tenggara

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun didampingi Pimpinan OPD menghadiri acara penaikan tiang Alif Masjid terapung Al'Manafi di Ohoi Dian Pulau pada, Senin (11/09/2023).

Kegiatan diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an At Taubah: 18 oleh Safira-safira Rawul dilanjutkan dengan prosesi ritual oleh imam beserta staf Masjid sekaligus menyerahkan kepada panitia pembangunan.

Hadrat sebagai pengiring menghantar tiang Alif menuju Masjid selanjutnya setelah tiang Alif memasuki lokasi Masjid disambut dengan lantunan Tola'Al.

Panitia pembangunan menyerahkan tiang Alif kepada Pemerintah Ohoi dan seterusnya disambut oleh enam kepala marga yang ada di Ohoi Dian Pulau. 

Bupati Thaher memimpin langsung pemasangan tiang Alif yang diawali dengan takbir tiga kali dan diikuti dengan lantunan adzan Ali Fauzi Yamlean Bugis, SH.

Pada kesempatan itu, ketua panitia pembangunan Awaludin Eleuwarin kepada Media ini menjelaskan bahwa, masjid ini awal dibangun peletakan batu pertama pada tanggal 28 Desember 2020.

Dirinya mengakui bahwa, setelah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan mesjid tersebut tidak putus terus berjalan sampai pada bulan September ini berarti 2 tahun 9 bulan diluar dari pada perencanaan yang direncanakan tiga tahun membangun.

Awaludin merincikan untuk anggaran yang dikeluarkan dalam pembangunan masjid terapung Al'Manafi dari anggaran APBD Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2021 sebesar 250 milyar dan pada tahun 2023 sebesar 1 milyar 200 juta jadi total APBD yang sudah diterima oleh panitia untuk pembangunan ini sebesar 3 milyar 700 juta.

"Ada juga sumbangan lain dari masyarakat juga, iuran wajib masyarakat Ohoi Dian baik yang berdomisili di Ohoi maupun yang berdomisili diluar daerah," ungkapnya.

Awaludin juga menjelaskan, untuk masjid sendiri ukuran luas keseluruhan yaitu, 34X36 meter persegi dan lokasi posisi bangunan itu sebesar 24X26 dengan luas dalam 18X18.

Untuk masjid terapung Al'Manafi bisa menampung jamaah sebanyak 700an berdiri diatas laut dan ditopang 144 kaki.

"Kami atas nama panitia dan kami selaku warga masyarakat Ohoi Dian kami patut mengucap syukur kepada Tuhan yang maha esa dan berterima kasih kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini, Bupati Maluku Tenggara, Hi. M. Thaher Hanubun," ujarnya.

Pertama beliau sebagai inisiator yang punya gagasan membangun masjid terapung dan yang kedua dukungan dari baik yang dari sisi moril maupun materil selalu diberikan kemudian selalu memberikan motivasi kepada tim kerja kepada panitia untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga, atas dasar semangat yang beliau bangun kami panitia juga komitmen untuk selalu kompak dalam melaksanakan tugas dalam hal menyukseskan proses pembangunan masjid.

Masjid yang direncanakan pembangunanya selama tiga tahun kini sudah hampir rampung dan akan diresmikan lebih awal dari yang direncanakan. (DS)
Maluku Tenggara 717623891839945582

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC