Loading...

Pj Bupati Malteng Pimpin Upacara HUT Hardiknas, Ini Amanat Menteri Pendidikan

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat dilapangan Upacara Kantor Bupati Maluku Tengah (Malteng), Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech Pimpin Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada, Selasa (02/05/2023) Pekan kemarin.

Pelaksanaan Hardiknas ditahun 2023 kali ini dengan Mengusung Tema: "Bergerak Bersama Semarkan Merdeka Belajar".

Dikesempatan ini pula, dalam Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadim Makarim yang dibacakan oleh Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy menyebutkan bahwa, Merdeka Belajar yang mana telah diluncurkan sesuai dengan Cita-cita Luhur, Ki Hadjar Dewantara yaitu Pendidikan yang menuntun Bakat, Minat, dan Potensi Peserta Didik agar mampu mencapai Keselamatan dan Kebahagiaan yang Setinggi-tingginya sebagai Seorang Manusia dan sebagai Anggota Masyarakat, hal ini pun telah di buat dan luncurkan, yang mana terdapat 24 Episode tentang Merdeka Belajar.
 
Untuk diketahui, saat ini Pelajar bisa Belajar dengan lebih tenang karena Aktivitas Pembelajaran mereka Dinilai secara lebih Holistik oleh Gurunya sendiri dan  juga para Kepala Sekolah (Kepsek) serta Kepala Daerah yang dulu Kesulitan Memonitor Kualitas Pendidikan saat ini dapat menggunakan Data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan Perbaikan Kualitas Layanan Pendidikan.

Sestem Pendidikan Merdeka Belajar menuntut para Guru untuk terus Berlomba-lomba dalam Berbagi dan Berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar.

Yang mana kita ketahui, Guru-guru yang dulu diikat oleh berbagai Peraturan yang Kaku, saat ini lebih Bebas Berinovasi di Kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan Pembelajaran Mendalam untuk Mengembangkan Karakter dan Kompetensi, maka Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri pun Mulai Fokus pada Mengukur Kemampuan Literasi dan Bernalar.

Untuk Segi Pendanaan, Pencairan Langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke Sekolah dan Pemanfaatannya yang lebih Fleksibel telah memberikan Keleluasaan bagi Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

"Adapun, Perluasan Program Beasiswa, Kesempatan untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi Jauh lebih Terbuka. Dukungan Pandanaan untuk Mendanai Riset juga telah Melahirkan begitu banyak Inovasi yang bermula dari Kolaborasi. Transformasi yang masif ini sepatutnya bisa Dirayakan dengan penuh Syukur dan Semarak, karena semuanya adalah Hasil dari Kerja Keras dan Kerja sama semua Pihak," ungkapnya.

Menteri Pendidikan dalam amanatnya, menambahkan bahwa, Dihari Pendidikan Nasional Tahun ini menjadi Momentum yang tepat bagi semua untuk Merefleksikan kembali setiap Tantangan yang telah dihadapi dalam setiap Jengkal Langkah Berani yang telah diambil. 

Merefleksikan Hal-hal yang telah dilakukan sepanjang Tiga Tahun terakhir, maka dapat merancang arah perjalanan ke depan guna Memastikan Keberlangsungan dan Keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar dalam memupuk dan menumbuhkembangkan bakat dan minat para peserta didik untuk memajukan sistem Pendidikan yang berkualitas.

Turut hadir: Forkopimda Kabupaten Malteng, Pimpinan TNI-Polri, Para Asisten Setda, Pimpinan OPD Dilingkup Pemda Malteng, Para ASN dan Siswa/Siswi SD, SMP, SMA, SMK serta Rekan-rekan Pers Malteng. (MCJ)
Malteng 1244417986367443072

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC